• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Rancangan Tatib DPRD Provinsi Bengkulu, Setiap Fraksi Usulkan 3 Tenaga Ahli

14 October
16:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Untuk meningkatkan kinerja lembaga DPRD Provinsi Bengkulu periode 2019-2024 agar menjadi lebih baik lagi, dalam rancangan tata tertib (tatib) yang baru, telah mengusulkan setiap fraksi-fraksi untuk diberikan sebanyak 3 orang staf atau Tenaga Ahli (TA).

Usulan TA sebanyak 3 orang tersebut, bertambah dari periode sebelumnya yang hanya 1 orang.

“Kita dari lembaga legislatif belum bisa memastikan usulan penambahan tenaga ahli tersebut disetujui oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atau tidaknya. Untuk itu, kita masih menunggu hasil verifikasi dan evaluasi Kemendagri yang sesuai jadwal dalam 15 hari kerja akan selesai, terhadap rancangan tatib DPRD Provinsi Bengkulu periode 2019-2024,” ungkap Sekretaris Panitia Kerja Tatib DPRD Provinsi, Sujono kepada sejumlah wartawan di gedung DPRD Provinsi.

Sujono menjelaskan, usulan tiga orang tenaga ahli itu dibagi menjadi tiga bidang yakni, hukum, politik dan ekonomi. Apalagi jika mengacu pada TA di lembaga legislatif DKI Jakarta, lebih banyak lagi yakni setiap anggota ada 1 orang tenaga ahlinya.

Tetapi jika ada setiap fraksi hanya mengambil 1 orang menjadi TA, juga tidak akan dipermasalahkan, karena maksimalnya sebanyak 3 orang.

“Itu jika usulan kita (legislatif,red) disetujui Mendagri, karena ketiga tenaga ahli tersebut untuk gajinya akan ditanggung dalam APBD Provinsi Bengkulu setiap tahunnya,” katanya Senin, (14/10/2019).

Dibagian lain, ditambahkan politisi PKS Bengkulu, usulan rancangan tatib yang tidak mengalami perubahan soal masa jabatan pimpinan dan anggota dari Alat Kelengkapan Dewan (AKD), dimana tetap 2 setengah tahun akan dilakukan pergantian atau penyegaran.

“Masa jabatan pimpinan dan anggota AKD dua setengah tahun itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP). Untuk itu diharapkan hasil verifikasi dan evaluasi tatib DPRD Provinsi Bengkulu ini bisa lebih cepat diselesaikan oleh Kemendagri, sehingga kita bisa sahkan dan segera membentuk AKD,” tukas Sujono.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00