• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

kesra

Legislator Bengkulu Sebut Pentingnya SOP Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan

13 September
18:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dalam pengelolaan Dana Kelurahan yang mulai direalisasikan tahun ini di Kota Bengkulu, dinilai sangat membutuhkan Standar Operasi Pelaksanaan (SOP). Mengingat sejauh ini disebutkan Pemerintahan Kelurahan masih banyak yang bingung terkait pengelolaannya.

Kitadari lembaga legislatif kota Bengkulu sebelumnya sudah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Batam terkait pengeloaan Dana Kelurahan. Salah satu poin yang cukup penting harus adanya SOP ataupun Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) serta Petunjuk Teknis (Juknis)-nya,” ungkap Anggota DPRD Kota Bengkulu Iswandi Ruslan, kepada para awak media di Bengkulu.

Dikatakan, SOP yang dibuat Pemerintah yang nantinya menjadi acuan bagi Pemerintah Kelurahan dalam merealisasikan dana dimaksud. Apalagi sepengetahuannya peruntukan dana itu diutamakan untuk pembangunan fasilitas umum.

"Dalam SOP itu akan mengatur kriteria fasilitas umum yang dibangun seperti apadan tidak asal mau bangun saja," ujar Iswandi, pada Jum'at (13/9/2019).

Dijelaskan, adanya beberapa waktu lalu diketahui ada sejumlah Lurah di wilayah Kota Bengkulu lebih memilih mengundurkan diridari jabatannya, diperkirakan salah satu alasannya terkait pengelolaan dana kelurahan tersebut. Lantaran dalam pengelolaan dana itu, seorang lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Jadi mereka (lurah,red) memiliki tanggung jawab penuh mengelola DK. Sehingga jika ada yang mundur, saya kira karena belum jelas SOP nya peruntukan dana dimaksud," terang Politisi PKB ini.

Lebih jauh ditambahkan, pentingnya SOP, Juklak, dan Juknis, agar nantinya pada saat merealisasikan dana itu, Pemerintah Kelurahan tidak menimbulkan maslaah hukum dikemudian hari. Belum lagi perealisasian dana tersebut dipantau KPK.

"Dana Kelurahan tersebuttak ubahnya seperti Dana Desa (DD) yang berdasarkan intruksi Presiden harus diawasi secara penuh oleh berbagai pihak. Termasuk masyarakat. Jadi memang harus ekstra hati-hati," tukas Iswandi.

Untuk diketahui, jumlah kelurahan dalam Provinsi Bengkulu yang tersebar di 9 wilayah kabupaten dan kota sebanyak 172 kelurahan. Sedangkan nilainya perkelurahan rata-rata antara Rp. 200 juta sampai Rp. 350 juta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00