• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gali Nilai Pancasila, BPIP Menyusuri Kembali Ajar Ibu di Bengkulu

13 September
15:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Jumat, (13/9/2019) melaksanakan kegiatan pembudayaan nilai Pancasila di Provinsi Bengkulu, yang dikenal sebagai kota sejarah kelahiran Ibu Negara Indonesia, Fatmawati.

Kegiatan pembudayaan nilai Pancasila di Bengkulu yang menjadi rumah dari ibu segala bunga, Raflesia Arnoldi, merupakan warisan sejarah harus tetap terjaga dan dilestarikan hingga terwariskan ke generasi selanjutnya, mengambil tema, “Menyusuri Kembali Ajar Ibu, Dialog dan Metalog Antar Generasi Kalangan Perempuan,” dibuka oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agrista, dengan diikuti tokoh perempuan, dan dihadiri Asisten I Sekda Provinsi Hamka Sabri, serta para pejabat di jajaran BPIP, termasuk Staf Khusus Dewan Pengarah, Dr. Lia Kian, bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agrista menyatakan, dipilihnya Bengkulu sebagai kegiatan ini, karena banyaknya tokoh perempuan yang lahir dari daerah ini. Seperti diketahui Ibu Fatmawati juga dari Bengkulu yang telah berperan dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Oleh karena itu Rima mengajak dengan semangat yang dimulai dari Bengkulu, agar kaum perempuan di seluruh Indonesia untuk kembali mengingat ajar ibu, dan ditularkan terus menerus dalam mengawas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul di masa depan.

“Ibu itu bukan hanya melahirkan, tetapi semua putra putri bangsa memiliki ibu yang lebih besar yaitu ibu pertiwi, agar kaum perempuan dapat memberikan kontribusinya terhadap negeri ini,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Direktur Pembudayaan BPIP Irene Camelyn Sinaga mengharapkan, melalui kegiatan ini para wanita yang ada di Bengkulu bisa menjadi pelopor untuk Indonesia. Untuk itu, diera sekarang ini pesan yang berupa nasehat dari seorang ibu, agar membiasakan kembali kepada anak-anaknya.

“Dengan adanya pesan-pesan orang tua kepada generasi penerus bangsa, bisa tertanam di hatinya untuk menjaga keutuhan dan kebhinekaan negara ini secara baik,” harapnya.

Sementara itu, Asisten I Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri atas nama Pemprov memberikan apresiasi kegiatan yang akan berlangsung selama dua ini. Dimana selain menggali nilai-nilai budaya dengan menggugah hati kaum ibu-ibu Bengkulu terutama dalam ikut andil terhadap NKRI.

“Diharapkan, dengan penanaman nilai-nilai pancasila melalui budaya ini dapat memberikan pengaruh besar, sekaligus motivasi bagi kaum ibu-ibu maupun generasi milenial di Provinsi Bengkulu ini,” tukas Hamka.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00