• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

8 Fraksi Terbentuk di DPRD Provinsi Bengkulu

10 September
22:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Meski dari Rapat Paripurna perdana dan banyaknya instrupsi dari para Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, namun lembaga DPRD Provinsi akhirnya menetapkan 8 Fraksi, yang terdiri dari 6 Fraksi penuh dan 2 lainnya merupakan Fraksi Gabungan. 

Dari rapat tersebut juga membentuk 2 tim penyusun untuk membahas Tata Tertib (Tatib) dan Kode Etik DPRD Provinsi Bengkulu masa jabatan 2019-2024.

Dalam paripurna yang dipimpin Ketua Sementara, Ihsan Fajri dan Waka Sementara DPRD Provinsi, Samsu Amanah, serta dihadiri 39 anggota, adapun 8 Fraksi yang ditetapkan yang 6 Fraksi penuh yakni, PDI Perjuangan dengan Ketua Edwar Samsi, Golkar diketuai Sumardi, Gerindra diketuai Herwin Suberhani, Nasdem diketuai Tantawi Dali, Demokrat diketuai Edison Simbolon, dan PKB diketuai Zainal.

Sedangkan 2 Fraksi Gabungan yakni Fraksi Amanat Keadilan yang merupakan gabungan PKS dan PAN dinahkodai Sujono, serta Fraksi Pembangunan Nurani Indonesia gabungan dari PPP, Hanura, dan Perindo dengan Ketua Usin Abdisyah Putra Sembiring.

Sementara untuk Ketua Tim Penyusun Tatib Suharto, dan Ketua Tim Penyusun Kode Etik, Suimi Fales.

"Kita berharap kedepannya dengan terbentuknya Fraksi dan Tim Penyusun Tatib serta Kode Etik, dapat menjalankan amanah sebagaimana yang digariskan. Khusus Fraksi PDI Perjuangan, kita fokuskan penyelesaian membahas Tatib dan Kode Etik. Masih terlalu dini untuk membicarakan Alat Kelengkapa DPRD Provinsi," ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Edwar Samsi, kepada wartawan. 

Secara terpisah, Ketua Fraksi Amanat Keadilan DPRD Provinsi Sujono mengatakan, bergabungnya PKS dan PAN menjadi 1 fraksi tidak lepas dari kedekatan dalam Pilpres lalu. Sehingga pihaknya tinggal meneruskannya saja di DPRD Provinsi Bengkulu ini. 

"Dengan gabungan ini, kita berupaya maksimal dalam menjalankan tugas-tugas Partai melalui lembaga legislatif," kata Sujono.

Disisi lain untuk Fraksi Persatuan Nurani Indonesia, Sekretaris Fraksi Yurman Hamedi menegaskan, fraksi mereka yang merupakan gabungan dari PPP, Hanura dan Perindo ini mempunyai visi misi yang sama untuk mewujudkan Bengkulu sejahtera.

"Kita siap bersama-sama di lembaga wakil rakyat ini," tukas Yurman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00