• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

kesra

Babinsa Rimbo Pengadang Bersama Warga Padamkan Kebakaran Lahan

24 August
17:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palang Serai - Babinsa Koramil 409-08/Rimbo Pengadang Serka Mulyawan bersama masyarakat Desa Tik Kuto, bergotong royong memadamkan Kobaran Api yang membakar lahan warga pada pukul 13.50 WIB, Sabtu (24/8/19).

Kebakaran lahan garap milik warga yang bernama Sumardi, umur 30 tahun, disebabkan membersihkan lahan dengan cara di bakar. Akibatnya api tidak dapat dikendalikan yang merambat dan membakar lahan sekitar.

Babinsa Koramil 409-08/Rimbo Pengadang mengatakan usai melaksanakan pemadaman, Sumardi yang memiliki kebun di Talang Padang Serai bermaksud membersihkan lahan dengan cara dibakar, karena cuaca panas, api cepat membakar ranting dan dedauanan yang ditiupan angin, akibatnya kewalahan memadamkan api itu sendirian.

"Beruntung salah satu warga melaporkan kejadian kepada saya melalui telpon, saya bersama warga Desa Tik Kuto langsung menuju Talang Serai lokasi kebakaran lahan. Pemadaman api dilakukan secara manual dengan mengumpulkan dahan basah dan memukul-mukulkan api yang menjalar, beruntung tidak beberapa lama kejadian di Talang Serai turun hujan, sehingga api dapat padam karena siraman hujan," jelas Babinsa Serka Mulyawan.

Akibat kebakaran lahan garap yang mencapai 1 hektar ini, Sumardi mengalami kerugian tanaman pohon buah dan palawija yang ikut hangus terbakar. 

Sementara pihak Koramil 409-08/Rimbo Pengadang sudah berupaya maksimal melakukan pencegahan dengan sosialisasi, bahkan melaksanakan komunikasi sosial kekebun kebun warga, agar mencegah kebiasaan lama warga dalam membersihkan lahan dengan cara dibakar. (rls) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00