• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PMI Lakukan Pelatihan Pertolongan Pertama Tingkat Provinsi di Bengkulu Utara

24 August
17:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar spesialisasi pelatihan pertolongan pertama tingkat Provinsi Bengkulu.

Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 24 hingga 30 Agustus, bertempat di Wisma Atlit Argamakmur di Kabupaten Bengkulu Utara, dengan diikuti 20 orang peserta yang merupakan utusan 10 kabupaten dan kota se Provinsi Bengkulu, dengan dibuka oleh Bupati Bengkulu Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Waluyo.

Sedangkan untuk nara sumber dan fasilitator pelatih pertolongan pertama, Fadly S.Kep, MM, Ns, Desi Susilawati S.Kep, M.Kep kk dan Fizky Yuliandra, S.Kep.

Wakil Ketua PMI Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat menyatakan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan guna meningkatkan eksistensi PMI. Dimana diperlukan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan Kepalangmerahan melalui pendidikan bagi para penggiat kepalangmerahan di PMI Kabupaten dan Kota dan PMI Provinsi Bengkulu umumnya.

“Sebagai organisasi yang keanggotaan secara komplit, mulai dari relawan muda sudah seharusnya PMI memiliki potensi spesialisasi pada tiang bidang ilmu kepalang merahan yang secara khusus dan terlatih. Apalagi kali ini khusus spesialisasi pelatihan pertolongan pertama yang sudah seyogyanya dimiliki oleh tiap relawan yang ada di PMI,” ujar Asnawi dalam sambutannya, Sabtu, (24/8/2019).

Selain itu Asnawi berharap, adanya pelatihan ini PMI memiliki pelaku pertolongan pertama yang handal dalam mengadakan peningkatan pelayanan kepalang merahan serta dapat menyampaikan dan mensosialisasikan materi yang didapat pada setiap kalangan.

“Diminta para peserta yang akan mengikuti pelatihan ini beberapa hari kedepan dengan sebaik-baiknya dan terwujudnya organisasi PMI yang berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat,” harapnya.

Senada dengan itu, Ketua PMI Bengkulu Utara Irwanto menambahkan, pelatihan pertolongan pertama ini merupakan pelaksanaan amanat dari Undang Undang (UU) No. 1 tahun 2018 tentang kepalang merahan yaitu, melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan, dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 023/Birhub/1972. Dimana PMI dapat menyelenggarakan pertolongan pertama, menyelenggarakan pendidikan pertolongan pertama serta dapat mendirikan pos pertolongan pertama.

“Kami (PMI Bengkulu Utara,red) sampaikan apresiasi kepada PMI provinsi yang melaksanakan pelatihan ini dan kami siap menjalankan delapan tugas pokok PMI berdasarkan Undang Undang N. 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan,” katanya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Bengkulu Utara Waluyo atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memberikan apresiasi kegiatan ini, karena sangat berguna dalam memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya kebencanaan.

“Kami sambut baik kegiatan ini, karena juga akan membantu pekerjaan Pemkab nantinya. Diharapkan juga pelatihan ini dapat melahirkan para relawan PMI yang terampil dalam memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat nantinya,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00