• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Upayakan Disahkan Bulan ini, Pembahasan APBDP Provinsi Bengkulu 2019 Dikebut

15 August
13:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Lembaga DPRD Provinsi Bengkulu tengah mengupayakan untuk pengesahaan APBD Perubahan (APBD-P) Provinsi tahun 2019, agar dilaksanakan diakhir masa jabatan keanggotaan DPRD Provinsi Bengkulu periode 2014-2019 yang akan berakhir 31 Agustus ini.

“Diketahui untuk KUA PPAS sedang dilakukan perbaikan oleh pihak eksekutif dan usulan nya sudah akan masuk dalam minggu depan, agar bisa mulai dilakukan pembahasan,” ungkap Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi, Jonaidi kepada sejumlah wartawan di gedung DPRD Provinsi.

Dikatakan Jonaidi, alasan pembahasan APBD-P Provinsi dikebut hingga pengesahaannya menjelang berakhir masa jabatan keanggotaan dewan sekarang, karena dikawatirkan tidak akan tekejar lagi.

Dimana pada awal September nanti baru dilaksanakan proses pelantikannya dan baru terbentuk pimpinan DPRD sementara, yang dipastikan tidak bisa mengambil kebijakan apapun, tetapi hanya bersifat menjalankan tahapan awal seperti, membahas dan mengesahkan tata tertib (tatib) dan alat kelengkapan dewan sendiri.

“Untuk pembahasan tatib dan alat kelengkapan dewan itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Apalagi pembentukan fraksi harus menunggu usulan dari masing-masing parpol, belum lagi tahapan sebelumnya pimpinan sementara menyurati parpol yang mendudukan kadernya di DPRD Priovinsi ini. Panjang waktu nya nanti itu, bisa-bisa pada Oktober atau November nanti belum akan rampung pembahasan di tingkat internal dewan sendiri,” terang Ketua Komisi III DPRD Provinsi ini, Kamis, (15/8/2019).

Lebih jauh Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi ini menyatakan optimis pembahasan APBDP tahun 2019 ini bisa dirampungkan oleh keanggotaan dewan yang sekarang. Apalagi para wakil rakyat yang akan segera mengakhiri masa jabatannya ini, sedang semangat-semangatnya ingin melakukan pembahasan dan mengesahkan APBDP yang diketahui peruntukannya sebagian untuk membayarkan hutang Pemerintah Daerah kepada pihak ketiga.

“Kita (Legislatif,red) optimis saja bisa selesai pembahasan hingga disahkan dalam bulan ini atau jelang berakhirnya masa jabatan keanggotaan dewan sekarang,” katanya.

Senada dengan itu juga disampaikan Anggota Banggar DPRD Provinsi Bengkulu lain, Helmi Paman. Disebutkan, menjelang berakhirnya masa jabatan keanggotaan dewan provinsi masa bakti 2014-2019 akan menyelesaikan pembahasan APBDP, karena jika menunggu keanggotaan dewan baru dilantik, diperkirakan tidak akan tekejar dalam pengesahaannya. Lantaran tahapan keanggotaan baru, selain bakal melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) juga banyak agenda internal lembaga yang harus diselesaikan lebih dahulu.

“Kami siap membahas APBDP dan tuntas disahkan jelang berakhir masa jabatan ini,” tutup Helmi Paman. (rep/red)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00