• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

pendidikan

Program Siswa Mengenal Nusantara, 23 Pelajar Bengkulu Diberangkatkan ke NTB

13 August
18:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) menjadi salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri, yang kali ini dilaksanakan Bank BTN di wilayah Bengkulubersama Pos Indonesia, PNRI, Peruri, dengan memberangkatkan sebanyak 23 Pelajar dari Bengkulu ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebanyak 23 orang pelajar yang terpilih melalui seleksi merupakan perwakilan SMA, SMK dan SLB se Provinsi Bengkulu ini, akan berada di di Pulau Seribu Kubah selama lebih kurang 10 hari kedepan. Sedangkan siswa yang lulus seleksi di NTB, saat ini sedang mengikuti SMN di Bengkulu.

Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) memberikan apresiasiatas program BUMN Hadir Untuk Negeridengan diberangkatkannya 23 pelajar dari Bengkulu ke NTB, sangat baik dan bagus.

Apalagi program ini akan mengantarkan generasi muda Bengkulu, lebih mengenal nusantara, sekaligus memupuk rasa cinta, serta bangga pada negeri ini, dan menyadari Republik Indonesia adalah bangsa yang besar. Oleh karena itu kekuatan ini harus dipupuk terus, agar nantinya anak-anak Bengkulu menjadi generasi berkualitas dan tidak gamang dalam menghadapi tantangan.

“Program SMN ini akan dapat lebih mengenal nusantara,dan dapat meningkatkan rasa cinta serta bangga pada negeri ini, sekaligus mengenal walau terpisah pulau pulau di Indonesia namun satu anak Indonesia,” ujar Nopian disela-sela pelepasan 23 orang pelajar SMN dari Bengkulu, Selasa, (13/8/2019).

Sementara itu, Direktur Bank BTN, Budi Satriamenjelaskan, SMN merupakan program tetap yang di inisiasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015 lalu, yang melibatkan Pemerintah Daerah setempat,khususnya Dinas Pendidikan(Diknas), dengan misi memperkuat nilai kebangsaan dan rasa cinta terhadap tanah air, sekaligus rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan RI.

Bahkan program BUMN Hadir Untuk Negeri ini, bukan terpaku pada SMN saja, melainkan juga ada program unggulan lainnya, bedah rumah veteran.

“Program ini merupakan pertukaran pelajar satu daerah ke daerah lain. Diharapkan mereka (23 pelajar,red) ketika pulang selain mendapatkan pengalaman barubahwa Indonesia ini luas, dandapat berbagi ilmu kepada teman-temannya di Bengkulu. Apalagi selama berada di NTB nanti, anak-anak akan belajar adat istiadat, budaya, bahasa dan dan pendidikan “Bela Negara”serta lain-lainnya,” terangnya.

Lebih jauh ditambahkan, selama di NTB nanti, para siswa SMN akan meninjau langsung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, serta mempelajari kehidupan khas suku Sasak di antaranya Desa Ende dan Desa Sade, serta situs sejarah Taman Narmada.

“Untuk peserta SMN yang terpilih dari NTB, mempelajari keanekaragaman adat istiadat, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di Bengkulu.Bahkan mereka telah mengunjungi sejumlah tempat, diantaranya museum Bengkulu, wisata hutan Mangrove, kunjungan ke konservasi penyu dan mendapatkan pelatihan batik tulis serta melihat langsung pengolahan kopi dan teh di Kabupaten Kapahiang dan Rejang Lebong,” demikian Budi Satria.(rep/red)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00