• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

KPU Bengkulu Tetapkan 45 Caleg Terpilih, PDIP Kembali Pimpin DPRD Provinsi

9 August
16:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu Melalui rapat plenoterbuka, pada Jumat, (9/8/2019) pihak Komisi Pemilihan Umum KPU Provinsi Bengkulu menetapkan perolehan kursi dan calon legislative(caleg)terpilih tingkat Provinsi Bengkulu, hasil Pemilu serentak pada 17 April 2019 lalu.

Rapat tersebut dipimpin Ketua KPU provinsi Bengkulu Irwan Saputra, dan dihadiri pihak terkait termasuk dari peserta, pengawas pemilu, pihak keamanan, serta undangan lainnya.

Ketua KPU Provinsi Irwan Saputra menjelaskan, dengan telah ditetapkan perolehan kursi dan 45 caleg terpilih tingkat provinsi ini, tahapan berikutnya yang masih menjadi kewajiban KPU, mengusulkan calon terpilih untuk pengangkatan menjadi Anggota DPRD Provinsi Bengkulu periode 2019-2024.

“Usulan sendiri disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur Bengkulupaling cepat pada Senin lusa. Kemudian setelah calon terpilih ini, menunggu sampai ditetapkan melalui SK oleh Menteri Dalam Negeri(Mendagri), dan dilakukan pelantikan pengambilan sumpah serta janji sebagai Anggota DPRD Provinsi,” katanya.

Untuk diketahui, dari rapat pleno diputuskan parpol yang memperoleh suara terbanyak PDIP dengan 7 kursi dan menjabat Ketua DPRD Provinsi.

Lalu disusul Golkar juga sebanyak 7 kursi dengan kursi Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi. Kemudian Gerindra sebanyak 6 kursi dengan mendapatkan kursi Wakil Ketua II, Nasdem sebanyak 5 kursi mendapatkan kursi Wakil Ketua III.

Selanjutnya, Demokrat 5kursi, PKB 4 kursi, Hanura 3 kursi, PPP 2 kursi, PAN 2 kursi, PKS 2 kursi dan Perindo 2 kursi.

Sementara dari 45 anggota DPRD provinsiterpilih untuk periode 2019-2024 tersebut, sebanyak 16orang merupakan incumbant atau wajah lama, dan selebihnya pendatang baruatau sebanyak 29 orang.(rep/red)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00