• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lapangan Tembak Wilson Kainama Jacobus Lanal Bengkulu, Resmi Beroperasi

17 July
12:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, pada Rabu, (17/7/2019) meresmikan lapangan tembak yang diberi nama “Wilson Kainama Jacobus”, terletak di Markas Komando Lanal Bengkulu.

Peresmian lapangan tembak yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu ini, dilakukan penanda-tangan prasasti oleh Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman bersama Gubernur Rohidin Mersyah, dengan disaksikan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman, Danlanal, perwakilan Korem 041 Gamas dan tamu undangan lainnya.

Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman berpesan, dengan adanya lapangan tembak yang cukup representatif ini, agar dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, bukan saja untuk profesionalitas prajurit Lanal, tetapi juga bisa dipakai oleh organisasi lain, dalam membina atlit-atlit menembak dari Bengkulu.

“Diharapkan dengan latihan rutin dari prajurit, dalam bekerja kedepan lebih profesional lagi. Begitu juga di masa mendatang, dari lapangan tembak ini akan lahir atlit-atlit menembak berprestasi dari Bengkulu,” ujarnya.

Selain itu mengenai profesionalitas kerja prajurit Lanal, diakui, pihaknya saat ini memang masih terkendala dengan alat utama dalam pengamanan wilayah, berupa kapal patroli. Tetapi dengan adanya 4 unit KRI sekarang ini, pihaknya menyakini masih bisa mengawasi wilayah yang cukup luas dibawah komando Lantamal Padang. “Protap kerja kita (TNI Angkatan Laut) jika membutuhkan bantuan, tidak saja akan dibantu oleh  Lanal di wilayah setempat, juga komando atasan dalam hal ini Pangko Armada 1, siap membantu dengan menurunkan kapal perang yang besar lagi ke wilayah Lantamal II,” terangnya.

Senada dengan itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan, pemberian hibah berupa pembangunan lapangan tembak di Lanal ini merupakan bentuk sinergitas Pemprov dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dalam rangka pengamanan dan pemberdayaan wilayah pesisir serta laut, yang sangat penting dan dibutuhkan. Apalagi Pemprov saat ini sedang galak-galaknya membangun Pelabuhan Pulau Baai menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kinerja Lanal Bengkulu bisa semakin profesional lagi.

“Adanya lapangan tembak ini sebagai bentuk dukungan Pemprov, karena peran Lanal memang sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Sementara itu Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat memberikan apresiasi atas partisipasi Pemprov yang telah mendukung pembangunan lapangan tembak di Mako Lanal, karena memang dibutuhkan prajurit dalam melatih kemampuan penggunaan pistol.

“Fasilitas yang ada ini juga terbuka untuk umum, terutama dalam upaya membentuk atlit-atlit menembak berprestasi dari Bengkulu di masa mendatang,” demikian Danlanal. (rep/red)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00