• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

Peduli Abrasi,Polres Bengkalis dan Masyarakat Tanam 1500 Batang Mangrove

22 February
08:22 2020

KBRN, Bengkalis : Peduli bahaya abrasi yang mengancam pulau Bengkalis,berbagai cara di lakukan,salah satunya dengan melakukan penanaman pohon mangrove yang sudah mulai punah.

Wilayah pulau Bengkalis yang berbatasan langsung dengan selat Malaka tak bisa menahan pukulan ombak akibatnya bibir pantai terkikis (abrasi). 

Seperti yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resort (Polres) Bengkalis sebanyak 1500 batang bibit pohon mangrove di Desa Pambang Pesisir, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis di tanam. 

Kegiatan penanaman pohon diprakarsai oleh Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bengkalis dilaksanakan pada  Jum’at, (21/2/2020) Februari 2020.

Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto melalui Kasat Polair AKP Raymad Hidayat mengatakan tujuan kegiatan penanaman pohon mangrove ini sangat penting dalam menjaga atau mempertahankan tanah demi kelangsungan hidup masyarakat.

“Idealnya, kegiatan ini kita lakukan guna menjaga kelestarian alam, Ekositem Pesisir Pantai dan menjaga pantai agar tidak mengalami abrasi pantai dan tetap ada wilayah tersebut,”Kata AKP Rahmad Hidayat,(21/2/2020)

Lebih lanjut AKP Rahmad Hidayat juga mengungkapkan dengan kegiatan ini disamping bisa menjaga pantai, dan bermanfaat bagi masyarakat nelayan juga sekaligus menjalin tali silaturahmi hubungan yang sinergitas antara Polri dengan masyarakat pesisir, khususnya Desa Pambang Pesisir ini.

Saat penanaman terlihat Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto dan masyarakat berbaur bersama-sama lakukan penanaman di sepanjang pantai dan juga di dampingi jajarannya serta kepala Desa Pambang Pesisir.

Selain kapolres juga terlihat Kasubdit Fasharkan AKBP Julian Iskandar,Waka Polres Bengkalis dqn seluruh kasat bersama jajarannya turun melakukan penanaman di lumpur pantai.

Selain anggota Polres juga ikut sera tuan rumah Kepala Desa Pambang Pesisir Pasla dan  Siswa SDN 05 Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Komunitas Peduli lingkungan Kampung, Masyarakat Desa Pambang Pesisir.

"Alhamdulillah Komunitas Peduli lingkungan Kampung, dan Masyarakat Desa Pambang Pesisir kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis juga bersemangat, turun bersama kita dan ia berharap hal ini bisa di lakukan rutin oleh desa desa lainnya terutama yang berada di bibir pantai,"kata kasat Polair.

Sementara itu Kades Pambang Pesisir Pasla saat di konfirmasi terkait tanggapannya Ia dan jajaran perangkat desa  menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Terutama Kapolres,Kapolsek dan juga camat yang telah mau bersama-sama masyarakat Pambang Pesisir melakukan penanaman Mangrove.

"Alhamdulillah saya sangat bangga dan senang karena secara bersama-sama menanam mangrove ini, selama ini kami di desa juga telah lakukan pembibitannya, arena kalau ini tidak kit lakukan bagaimana nasib pulau ini ke depan nantinya,kalau tidak kita siapa lagi," kata Pasla.


00:00:00 / 00:00:00