• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Brigadir Deri Tingkatkan Disiplin YPPI, Jumlah Siswa Meningkat Setiap Tahunnya

12 February
09:10 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkalis : Berawal dari niat mendisiplinnkan siswa, akhirnya Brigadir Kepala (Bripka) Deri Adrianto berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Yayasan Pesantren Pendidikan Islam (YPPI) Bengkalis di Jalan Ahmad Yani Kota Bengkalis. Ini dibuktikan dari penerimaan siswa di sekolah ini, yang dulunya hanya belasan dan paling banyak 20 siswa, dua tahun terakhir penerimaan siswa di sekolah di bawah naungan YPPI baik Mts dan MA ini mencapai lima puluh siswa baru setiap tahunnya. 

Bukan mudah mengubah cap masyarakat dari sekolah yang sering dikenal sekolah anak yang kurang disiplin menjadi sekolah disiplin dan dipercaya masyarakat. Sebelum Bripka Deri Adrianto mengajar sekolah ini, siswa di sini saat itu sangat terkenal dengan kenakalannya.

"Tingkat kenakalan remajanya di sekolah ini cukup tinggi, waktu itu. Ini yang membuat saya tertarik mengajar di sini dan diminta oleh sekolah untuk mengajar mereka," ungkap Deri saat bercerita dengan dengan awak media di Markas Polsek Bengkalis.

Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Bengkalis Kota dan Rimba Sekampung ini, awalnya mengajar di sana bermula ditelpon pihak sekolah untuk mengajar di sekolah ini untuk mendidik karakter siswa. Karena kondisi siswa di sana kenakalannya melebih kenakalan remaja di sekolah lain pada tahun 2016 lalu.

"Bahkan waktu masa itu siswa di sana bisa mengacam guru dengan menggunakan pisau. Karena ke khawatiran guru di sanalah meminta saya untuk membina karakter siswa di tahun 2016 lalu," terang Deri.

Menurut dia, waktu guru sulit mengambil tindakan terhadap siswa, jika memberikan hukuman berupa hukuman fisik bisa bisa guru ini dilaporkan kepada pihak Kepolisan dari orangtua murid. Kondisi ini membuat kepala Sekolah meminta bantuan Bhabinkamtibmas melakukan pembinaan.

Sejak diminta sekolah inilah Deri mulai mengajar pendidikan karakter siswa. Pelajaran yang diberikan berupa kedisiplinan dan kewarganegaaraan kepada siswa baik tingkat Mts maupu MA.

Pengajaran yang diberikan berupa Ekstrakurikuler terhadap siswa ini setiap hari Sabtu. Mulai dari pagi hingga menjelang siang di sekolah yang satu atap ini.

Selain mengajar ekstrakurikuler, Deri juga membina kedisiplinan siswa secara langsung. Deri membuat program sendiri untuk mengawasi siswa di sekolah ini.

"Saya buatkan Satgas Keamanan YPPI untuk mengawasi siswa yang sering tidak masuk dan cabut sekolah. Satgas ini dibawah naungan Osis sekolah dan saya langsung sebagai pembinanya," terang Deri.

Tugas Satgas ini mengawasi siswa yang memang sering tidak masuk dan bolos sekolah. Tim Satgas yang melakukan rekap absen siswa dan dilaporkan langsung Deri sebagai Pembinanya sekali seminggu.

"Setiap minggunya hasil rekapan absensi ini dikumpulkan, Mereka yang tidak masuk tanpa penjelasan atau alpa dan sering bolos saya panggil," ungkapnya.

Mereka yang bermasalah diberikan pembinaan langsung oleh Deri. Dengan hukuman yang sudah disiapkan berupa hukuman fisik, seperti pushup, dan hormat bendera sebagai efek jera.

"Alhamdulillah program ini berhasil, siswa kita mulai menunjukkan ke disiplinan hingga sekarang mulai berkurang yang malas seperti ini," ungkapnya.

Meskipun mengajar dan membina sekolah YPPI, Bhabinkamtibmas yang pernah mendapat prestasi terbaik di Riau ini tidak melupakan tugas pokoknya di intansi Polri sebagai Bhabinkamtibmas. Deritetap melakukan tugas dan fungsi Bhabin secara rutin melakukan deteksi dini, sambang serta tugas Bhabin lainnya yang rutin.

"Tuga pokok Bhabin tetap kita jalankan, dibagi dihari lain. Begitu juga mengajar tetap berjalan seperti  biasa setiap hari Sabtu, kecuali jika ada penugasan khusus seperti memadamkan Karhutla terpaksa kami harus tinggalkan kegiatan mengajar," pungkasnya.

Hanya saja sebisa mungkin jadwal mengajar yang ditinggalkan tetap diganti di waktu lain. Misalnya jika pihak sekolah memiliki ke kosongan jadwal belajar guru tidak masuk Deri siap untuk mengisi jadwal kosong tersebut

Dengan hasil pembinaan saat ini Deri sangat bersyukur apa yang dilakukannya bisa berbuah manis berupa rasa kepercayaan wali murid menyekolahkan anak di sekolah YPPI meningkat. Menjadi kepuasan sendiri dirinya dalam membina sekolah ini tanpa digaji sekalipun.

"Alhamdulillah menjadi kepuasan sendiri melihat anak anak di sekolah sudah mulai disiplin. Masyarakat juga sudah mulai percayaan dengan sekolah ini untuk menyekolahkan anaknya," terang Deri.

Meskipun tanpa digaji dalam memberikan pendidikan disiplin dan kewarganegaraan di YPPI, Deri masih siap untuk mengajar hal yang sama di sekolah lain di wilayah tugasnya. Jika memang sekolah di kelurahan Bengkalis kota dan Rimba Sekampung memerlukan hal yang sama dirinya siap.

"Apalagi apa yang saya lakukan ini dapat apresiasi dari Kapolres. Bahkan Kapolres sempat menyampaikan kepada Bhabin lainnya di wilayah Bengkalis jika ada yang mebutuhkan pembinaan siswa seperti kami lakukan harus siap memberikan pembinaan," tandasnya.

00:00:00 / 00:00:00