• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Kapal Angkut TKI Tenggelam, 10 Selamat 10 Masih Dalam Pencarian

23 January
13:11 2020
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Kapal jenis Speed boat  yang mengangkut tenaga kerja Indonesia (TKI) tenggelam di perairan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis,Riau, kapal speed boat ini diketahui akan menuju ke Negara Malaysia dengan jumlah 20 orang termasuk tekong.

Dikatahui seluruh korban para TKI tersebut hendak berangkat menuju Malaysia melalui Rupat Utara, pada 21 Januari 2020 malam lalu pada pukul 21.30 WIB. Tenggelamnya speed boat tersebut diduga ada kebocoran dan kemudian tenggelam.

Sementara itu, Komandan Pos Angkatan Laut (Pos AL) Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis Letda (P) Tommy Nurrohman ketika dikonfirmasi wartawan siang ini membenarkan dengan peristiwa tersebut.

"Kecelakaan laut ini diperairan pasir putih, Desa Putri sembilan Rupat Utara. Para TKI ini diangkut menggunakan Speed boat dengan membawa 20 orang penumpang,"ungkap Dan Pos AL Letda (P) Tommy Nurrohman, Kamis (23/1/2020).

Dan Pos  AL menyebutkan bahwa 21 Januari 2020 sekira pukul 19.30 Wib berangkat 20 orang korban (TKI, diduga Ilegal) dari Sungai Pangkalan Buah Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat. Sebelumnya para TKI tersebut menginap dirumah salah satu warga bernama Ravo. Korban berangkat dengan tujuan Malaysia, dengan menggunakan speed boat.

"Adapun jumlah korban 20 orang para TKI 18 orang dan 2 orang tekong. Disekitar pertengahan perjalanan, speed boat tenggelam karena terhempas ombak besar, saat itu keseluruhan penumpang masih sempat menggunakan life jacket," ungkapnya.

Lanjutnya, namun, ke -20 orang korban tenggelam yang ditemukan selamat sekitar 10 orang 7 orang laki laki dan 3 orang perempuan,10 orang korban lainnya masih dalam pencarian.

Masih kata Letda (P) Tommy Nurrohman, dari saksi yang menemukan awal bernama Sabarius (44) warga Desa Kadur yang menyelamatkan korban tenggelam tersebut menceritakan pada 22 Januari pukul 16.00 WIB dirinya sedang menjaring ikan dengan posisi di perairan pasir putih dan melihat pelampung life jaket mengambang di perairan.

"Saksi melihat pelampung life jaket mengambang di perairan dan ternyata  manusia dalam kondisi pingsan, selanjutnya pak Sabarius ini melakukan pertolongan kepada korban dan setelah siuman saksi menanyakan berapa orang dan dijawab korban 20 orang,"ungkapnya.

Selanjutnya, saksi bersama rekannya melakukan pencarian dan menemukan 10 orang korban lagi diperairan Pasir Putih. Seluruh korban dievakuasi ke rumah salah satu warga bernama Suarno di Jalan Pemuda Desa Kador Kecamayan Rupat Utara.

Berikut nama nama korban TKI yang tenggelam dan selamat

1. Nama : Een Saputra
Umur : 30 Tahun 
Agama: Islam
Alamat: Dusun Petua Desa Lhok Medang Ara Prov. Aceh

2. Nama : Mariska Sari
Umur: 30 tahun
Agama : Islam
Alamat : Pemalang Prov Jawa Tengah

3. Nama : Abdullah Faiz
Umur : 25 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Amplas Medan

4. Nama : Doni Siregar
Umur : 25 Tahun
Agama : Kristen
Alamat : Kampung Lalang Medan

5. Nama : Rudiansah
Umur : 25 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Kampung Mesjid Rantau Prapat

6. Nama : Sumon
Umur : 32 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Bangladesh

7. Nama : Uli Handayani
Umur : 39 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Simpang Padang Langkat

8. Nama : Fitria
Umur : 40 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Air Joman Kisaran

9. Nama : Herman
Umur : 29 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Kampung Seroja Batubara

10. Nama: Abib
Umur :28 thn
Agama: islam 
Alamat Kota Jambi

"Pencarian korban lainnya masih terus dilakukan oleh TNI AL Dumai beserta Basarnas Dumai,"pungkasnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00