• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Gara gara Buka Lahan,. Polisi Tetapkan Tersangka Terhadap Seorang Petani

18 January
11:40 2020
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Aparat Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis mengamankan seorang buruh tani, Man alias Anan, warga Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis karena diduga pelaku penyebab kebakaran lahan (karla) gambut dan meluas ke lahan milik orang lain di Jalan Bantan Gang H. Jalil Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Jumat (13/12/2019) lalu sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebelum Anan resmi ditetapkan sebagai tersangka, karena memerun dan meluas itu, pihak kepolisian melakukan penyelidikan, olah tempat kejadian perkara (TKP), serta gelar perkara dipimpin Kasat Reskrim, AKP Andrie Setiawan S.H, S.I.K beserta anggota serta Unit Reskrim Polsek Bengkalis, Jumat (17/1/2020) kemarin.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut, Anan akan dijerat dengan Pasal 108 Jo 69 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, kemudian Pasal 108 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP Andrie Setiawan, S.I.K ketika dikonfirmasi membenarkan, telah mengamankan seorang pelaku diduga dengan sengaja membakar lahan dan menyebabkan karla meluas hingga ke perkebunan warga lainnya. 

Petugas juga membawa barang bukti, cangkul, garuk tanah, mancis, tanah sisa terbakar dan sisa batang pohon yang terbakar.

"Di ketahui kebakaran di Jalan Bantan Gg. H. Jalil Desa Senggoro oleh tersangka membuat bedeng dilanjutkan mengali lobang, dan sampah-sampah hasil tebasan dimasukan dalam galian lobang, kemudian sampah tersebut dibakar dengan menggunakan mancis. Tujuan untuk mengurangi asam tanah dan akan menanam pinang," ungkap AKP Andrie kepada RRI, Sabtu (18/1/2020) pagi.

Kemudian, saat akan pulang, kata AKP Andrie, tersangka Anan melakukan penyiraman di lahan yang dibakarnya itu, namun tidak dapat memastikan apakah benar-benar api telah padam, sementara kondisi lahan adalah tanah gambut kering.

"Namun keesokan harinya api membesar dan membakar pada sempadan lahan masyarakat yang sudah ada tanamannya," katanya lagi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00