• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Disdik Bengkalis Salurkan Rp242 Juta Lebih Beasiswa Khusus Prestasi Non Akademik

16 November
14:20 2019
3 Votes (4.7)

KBRN, Bengkalis: Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini kembali memberikan beasiswa khusus kepada pelajar SMP berprestasi bidang Non Akademik .

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Bengkalis Mukhtar Syayuti kepada RRI Jum’at (15/11/2019) mengatakan beasiswa khusus diberikan kepada 173 pelajar SMP sesuai jumlah quota tahun ini.

“Beasiswa khusus diberikan kepada 173 pelajar  SMP berprestasi bidang non akademik yang memiliki atau mendapat juara baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun tingkat Nasional, seperti dalam kegiatan Olahraga, Seni dan kegiatan lomba lainnya”kata Mukhtar Syayuti”.

Lanjut kata Mukhtar Syayuti usulan beasisiswa khusus dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bengkalis sangat banyak lebih kurang 200 orang. Dikarena quota dan dana terbatas, maka dilakukan seleksi sesuai kriteria yang ditetapkan Disdik Kabupaten Bengkalis.

“Beasiswa diberikan apabila memenuhi kriteria, yang pertama adalah siswa/siswi SMP yang memperoleh prestasi non akademik pada kegiatan atau lomba yang pelaksanaannya berjenjang mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, tingkat Propinsi dan tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan atau Dinas Pendidikan, ucapnya”.

Masih kata Mukhtar Syayuti, apabila quota yang tersedia masih tersisa maka dilanjutakan kriteria ke dua yaitu beasisswa diberikakan kepada juara pada kegiatan yang menjadi unggulan Disdik Bengkalis yaitu One Day One Ayat. Kemudian kriteria ke tiga apabila quota masih tersedia maka beasiswa diberikan kepada siswa/siswi berprestasi non akademik yang pelaksanaannya berjenjang dari tingkat Kabupaten, Propinsi dan tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Instansi atau pihak diluar Dinas Pendidikan.

Apabila quota masih tersedia beasiswa ini akan diberikan kepada siswa/siswi SMP berprestasi yang meraih juara pada kegiatan lainnya yang pelaksanaannya bersifat Indifidual dan tidak berjenjang.

“Dari 173 orang penerima beasiswa dana keseluruhan mencapai Rp.242.500.000. Beasiswa tersebut  telah ditransfer Disdik Bengkalis melalui rekening Sekolah masing-masing pada 13 November 2019” ucap Mukhtar Syayuti”.

Adapun besar beasiswa khusus yang diterima untuk berprestasi setara tingkat Kabupaten sebesar Rp.1.300.000. Berprestasi setara tingkat Propinsi menerima Rp.1.500.000 dan berprestasi tingkat Nasional menerima Rp.1.800.000.

Kepada penerima beasiswa, Mukhtar Syayuti berharap siswa/siswi lebih terpacu untuk meningkatkan prestasi kedepannya, memberikan semangat belajar serta memacu bagi siswa/siswi yang belum berpretasi sehingga bisa bersaing dan mampu untuk berprestasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00