• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

Sepekan Pertamina dan Disdagperin Bengkalis Lakukan Operasi Pasar Atasi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

9 November
09:15 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Pihak Pertamina dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis sejak sepekan lalu melakukan operasi pasar terkait dengan kelangkaan gas Elpiji 3 kg yang terjadi di Kabupaten Bengkalis.

Operasi pasar yang dilakukan pihak Pertamina dan Disdagperin mulanya di pusatkan di kecamatan Mandau, Bhatin Solapan dan Kecamatan Pinggir.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perdagangan Jefri kepada RRI Kamis, 7 Nopember lalu.

Dikatakan Jefri operasi pasar yang dilakukan tersebut berdasarkan permintaan dari Disdagperin Bengkalis sebelumnya dan sejak Senin, 4 Nopember sudah dilakukan.

"Operasi pasar terhadap kelangkaan gas Elpiji 3 kg ini sudah kita lakukan bersama Pertamina sejak Senin lalu dan berlangsung selama 6 hari di kecamatan-kecamatan yang mengalami kelangkaan," kata Jefri.

Kecamatan Mandau termasuk kelangkaan yang tinggi maka pihaknya melakukan operasi pasar pertama, dan menyusul di kecamatan lain seperti di Kecamatan Bhatin Solapan, Pinggir dan dilanjutkan di Kecamatan Bengkalis, Bantan.

"Kelangkaan ini disebabkan karena jumlah pengguna gas 3 kilogram meningkat meskipun jumlah kuota tidak berkurang,"katanya.

Kabid Pengembangan Perdagangan juga tak bosan bosannya mengimbau kepada masyarakat yang mampu tidak menggunakan gas 3 kilogram." Kita tetap imbau bagi masyarakat mampu untuk menggunakan tabung 5,5 kg," ucapnya.

Selain itu Disdagperin Bengkalis juga meminta kepada seluruh pangkalan agar tidak menjual kepada masyarakat yang mampu maupun ke pengecer sehingga pendistribusian bisa tepat sasaran.

"Intinya operasi pasar yang dilakukan, pihak Pertamina langsung mendatangi pangkalan dan mengecek penjualan ke orang yang berhak menerimanya,"kata Jefri lagi.

Terkait keluhan masyarakat harga gas Elpiji bisa mencapai Rp28.000. dikatakannya itu berasal dari pengecer, karena Harga Eceran Tertinggi sudah ada hanya berkisar Rp 24.000./ tabung.

Dinas perdagangan meminta pertamina untuk lakukan operasi pasar yang sudah berjalan 2 hari yang lalu. Operasi pasar dilakukan selama 6 hari  di sejumlah kecamatan terutama di wilayah kecamatan mandau. Operasi pasar dilaksanakan untuk mengatasi kelangkaan gas lpg tabung 3 kg, dikrnkan pemakai bertambah .untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mampu untuk tidak menggunakan gas lpg 3 kg. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00