• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Kasat Lantas Ajak Pemuda Bengkalis Untuk Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

28 October
13:43 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Dalam rangka hari Sumpah Pemuda ke 91 dan bersempena dengan kegiatan operasi zebra muara takus 2019 Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, S.I.K, MH Kasat Lantas AKP Hairul Hidayat mengajak para pemuda untuk turut mendukung keselamatan dalam berlalu lintas.

Kasat menyebutkan bahwa keselamatan dalam berkendara tergantung pada si pengendara,"Ayo tingkatkan keselamatan dalam berkendara ikuti aturan yang ada,"kata Kasat Lantas AKP Hairul Hidayat,Senin, (28/10/2019).

Selain itu Kasat juga menyebutkan  operasi Zebra Muara Takus 2019 Terhitung dari 23 sampai 27 Oktober 2019 atau 5 hari berjalan,  Satlantas Polres Bengkalis telah keluarkan tindakan pelanggaran (tilang) 423 pelanggar.

"Iya, selama 5 hari pelaksanaan ops zebra, kita dari Satlantas Polres Bengkalis tilang sebanyak 423 pelanggar,"ungkap Kasatlantas Bengkalis AKP Hairul Hidayat.

Diutarakan AKP Hairul lagi, adapun pelanggar yang ditilang tersebut diantaranya, sepeda motor 333 berkas, mobil pribadi 13 berkas, Pick Up 12, mobil penumpang 12 berkas, sedan 6 berkas, Truck besar 21 berkas, teruck kecil 20 berkas dan teruck tangki 6 berkas.

"Ops zebra kali ini adalah demi keselamatan, apalagi dalam pelaksanaan Ops Zebra ini kita akan lebihkan humanis, ini sudah petunjuk jelas dari bapak Kapolda Riau. Dan kita tidak mencari cari kesalahan, tetapi hanya dari kasat mata, seperti, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan kelengkapan motornya,"ucap Kasat.

Dimana, kalau untuk pengguna jalan lainnya, Lanjut Kasat akan banyak menindak seperti Truck yang bermuatan berlebihan.

"Kemarin beberapa hari saat saya melaksanakan kegiatan dan anggota dilapangan seperti di Mandau, banyak yang kami temukan muatan truk sawit yang sudah berkapasitas berlebihan. Apalagi mereka nyusunnya itu udah tiga diatas, dan cuma ditutup dengan jaring dan tidak di ikat, kalau yang tidak ada jaringnya akan kita tindak,"ungkap Kasat seraya mengatakan dari 423 e-tilang ini banyak yang didominasi sepeda motor.

Sedangkan, untuk pengendara yang masih anak dibawah umur juga banyak yang ditemukan di Mandau, tambah lagi tidak menggunakan helm dan melawan arus.

"Kami minta tolong dari semua pihak, apalagi anak yang dibawah umur itu adalah peran keluarga yang bisa menasehatinya. Jangan merasa bangga kalau anaknya bisa membawa motor. Nanti kerugiannya kepada orang tuanya juga. Apalagi sekarang peringatan sumpah pemuda, setidaknya kalau dengan keselamatan yang ada inikan ketertiban berlalu lintas, korban laka juga tidak menurun dan pemuda pemuda terbaik akan lahir,"pungkas Kasat. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00