• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lahan Pertanian Di Desa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Dijadikan Demplot Padi

25 October
09:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau Tahun 2019 bekerja sama dengan Kelompok Tani Subur Jaya Desa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis dalam kegiatan Demontrasi Plot (Demplot) padi dengan luas lahan 5 hektar (ha).

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Parit 1 Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana Sukamto.SP Kepada RRI Kamis (24/10/2019) mengatakan kegiatan Dempot padi dengan inovasi teknologi yang diterapkan yaitu dengan melakukan pertanaman menggunakan  variates  yang tahan terhadap salinitas air pasang yaitu varietas inpari 34 Salin Agritan.

“Kegiatan Demplot ini menggunakan varietas invari 34 salin agritan. Dengan penanaman ini diharapkan masalah yang selama ini dihadapi petani yaitu adanya pengaruh air pasang laut yang berimbas kepada berkurangnya produksi padi dapat diminimalisir dengan menggunakan varietas inpari 34” kata Sukamto”.

Dikatakan Sukamto.SP dalam kegiatan Demplot Padi, BPTP Riau juga melakukan penerapan perlakuan pemupukan yang berimbang dengan menggunakan aplikasi pupuk yang lengkap.

“Dalam kegiatan Demplot padi, BPTP juga menyediakan aplikasi pupuk yang lengkap, sehingga diharapkan keterbatasan para petani yang selama ini dalam kurun waktu 3 tahun terakhir sudah tidak adanya suport dalam mendapatkan pupuk dari pemerintah, bisa ditanggulangi dengan adanya kegiatan ini”ucap Sukamto”.

Lanjut Sukamto, di lahan 5 ha tersebut kegiatan pertanian yang dilakukan adalah dengan melakukan pengolahan tanah yang sempurna mengunakan mesin traktor roda 4, serta dilakukan sistem tanam yaitu sistem jajar legowo.

“Saya berharap, dengan pendampingan yang kami lakukan sebagai penyuluh pertanian kegiatan Demplot dapat memberikan contoh dan solusi bagi petani yang ada disekitar Bandar Laksamana khususnya dan  Kabupaten Bengkalis secara umumnya”harapnya”

Sebanyak 10 orang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Subur Jaya sejauh ini telah melakukan pertanaman padi yang berumur 1 sampai 2 minggu setelah tanam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00