• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kadis DLH : Kami Belum Terima Surat Resmi Terkait Pengumuman Lomba Kebersihan Tingkat Provinsi Riau

23 October
10:10 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, H. Arman AA tanggapi serius informasi beredar bahwa Kota Bengkalis sebagai ibu kota Kabupaten Bengkalis, "hanya" peringkat harapan pertama lomba kebersihan tingkat Provinsi Riau ditaja DLH Provinsi Riau tahun 2019 ini.

Menurutnya, bahwa pihaknya belum menerima informasi atau surat resmi keputusan atau hasil perlombaan tersebut.

Jika benar, pihaknya akan mempertanyakan kepada panitia penyelenggara, apa yang menjadi kriteria penilaian. Apakah lingkupnya kabupaten atau hanya ibu kota kabupaten. Apabila jelas, terbuka, adil (fair), pihaknya akan menerima hasil keputusan itu dengan berjiwa besar atau legowo.

"Bahwa informasi yang beredar di masyarakat, Kota Bengkalis menempati posisi harapan pertama dalam ajang lomba kebersihan ibu kota kabupaten itu, kami belum menerima surat atau informasi resminya. Dan jika informasi itu benar maka perlu kami pertanyakan, penilaiannya dengan kriteria apa, kami akan terima dan legowo jika jelas, adil atau fair, dan kok bisa turun drastis hasil dari Kota Bengkalis," ungkapnya kepada sejumlah awak media, Selasa (22/10/2019) malam.

Katanya lagi, pihaknya juga harus mengetahui dasar keputusan itu serta dimana kelemahannya. Agar, bisa memotivasi kedepannya lebih baik.

"Kami juga harus tahu apa kelemahannya jika informasi itu benar, dan tentu akan bisa memotivasi untuk lebih baik lagi dimasa mendatang. Oleh karena itu, hasil penilaian itu kami minta harus jelas, karena yang dinilai bersih itu ibu kota kabupaten bukan kabupaten secara keseluruhan," katanya lagi. 

Apakah memang ada lomba bersih dari DLH Riau itu?, ASN yang pernah menjabat Kepala Dishub Bengkalis ini membenarkan, kegiatan lomba kebersihan tingkat provinsi tersebut. Sepengetahuannya, tim DLH Riau juga pernah sekali melakukan penilaian.

Cukup mengherankan dan ironis, Kota Bengkalis sebagai ibu kota Kabupaten Bengkalis peraih Piala Adipura nasional setidaknya sudah 13 kali, turun drastis sebagai peringkat harapan pertama di ajang lomba kebersihan se-Riau.

Seperti kabar yang beredar melalui media sosial (medsos), peringkat Lomba Kebersihan Ibukota Kabupaten/Kota Provinsi Riau tahun 2019, sebagaimana lampiran Keputusan Gubernur Riau tertanggal 16 Juli 2019, ditandatangani Gubernur Syamsuar.

Adapun hasil lomba kebersihan ibu kota kabupaten ditaja DLH Riau tersebut adalah Bangkinang poin 77,71 peringkat pertama, Kota Siak Sri Indrapura poin 77,04 peringkat kedua, Pangkalan Kerinci poin 74,10 peringkat ketiga, Kota Bengkalis poin 73,92 peringkat harapan pertama, disusul Bagan Siapi-api poin 73,04 peringkat harapan kedua dan Rengat poin 70,57 peringkat harapan ketiga. Sedangkan peringkat terakhir atau 12 dari 12 kabupaten kota adalah Selatpanjang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00