• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

PDAM Dapat Penambahan Jaringan Melalui Word Bank Rp39 Miliar

21 October
20:28 2019
2 Votes (4)

KBRN, Bengkalis : Direktur perusahaan daerah air minum (PDAM) Terubuk Bengkalis Jufrizal, SE merasa lega karena pada 2020 mendatang dapat untuk pengadaan pipa dan pemasangan penambahan jaringan pelanggan untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Siak Kecil dan Kecamatan Bengkalis.

Dikatakan Jufrizal pada awak media bahwa terkait anggaran, PDAM Terubuk Bengkalis mendapatkan hibah Rp39 Milyar dari Bank Dunia atau Word Bank.

Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal, S.E, bahwa pihaknya bersama Pemkab. Bengkalis, sedang melengkapi regulasi yang ada, agar kucuran Rp 39 Milyar tersebut bisa terlaksana sesuai yang diharapkan.

“Dana dari Bank Dunia tersebut, dipergunakan untuk menambah jaringan pelanggan wilayah Cabang di Kecamatan Bengkalis dan Siak Kecil. Sedangkan yang akan melaksanakan kegiatan pihak dari Balai Air Minum Provinsi Riau di tahun 2020 mendatang sementara kita hanya user atau pemakai, “terang Jufrizal, Senin (21/10/2019).

Dijelaskan, agar hibah dari Bank Dunia tersebut bisa dicairkan, maka regulasi sampai saat ini sedang dilengkapi bersama Pemkab. Bengkalis, seperti penyerahan aset, dan juga izin melintasi lahan milik Pertamina di kecamatan Bukit Batu dari perusahaan.

"Alhamdulillah dalam hal ini pemkab sangat mendukung dan setelah berkonsultasi dengan Sekda, terkait aset beliau akan memanggil pihak BPKAD Bengkalis, sementara batas waktu untuk melengkapi berkas sebagai persyaratan untuk mendapatkan hibah Rp39 Milyar tersebut, diakhir tahun 2019, yakni di tanggal 31 Desember harus clear, “tambahnya.

Menurutnya, penambahan jaringan dengan disediakan dana Rp39 Milyar untuk di Kecamatan Bengkalis akan di pasang jaringan sampai batas Desa Sebauk dan sampai batas Desa Penampi. Sedangkan untuk wilayah di Cabang Bukit Batu masih dalam kajian teknik.

“Kemarin sudah kita kaji lebih mendalam kebutuhan air baku di Kecamatan Bengkalis yang bersumber dari PT. MAS itu bisa mencukupi, karena pihak perusahaan tersebut, sudah MoU dengan kita untuk mendapatkan air baku dari Kanal PT. MAS, “terangnya lagi.

Sementara itu terkait dengan perencanaan tersebut pada 10 Oktober lalu Direktur Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diwakili Kasubdit Wilayah I, Darmawel Umar, melakukan kunjungan koordinasi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Kedatangan Darmawel yang juga Ketua CPMU (Central Project Manajemen Unit)dan rombongan langsung disambut Bupati Amril Mukminin di kediaman resmi Wisma Daerah Sri Mahkota, jalan Antara Bengkalis.

Darmawel dan rombongan ke Kabupaten Bengkalis dalam rangka pelaksanaan kegiatan National Urban Water Supply Project (NUWSP) di Perumda Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis.

Mereka ke Kabupaten Bengkalis sebagai tindaklanjut dari usulan program NUWSP yang disampaikan Direktur PDAM Tirta Terubuk Jufrizal.

Yakni, untuk melakukan verifikasi usulan kegiatan dan monitoring kesiapan Readiness Criteria (RC) dalam keikutsertaan Perumda Tirta Terubuk pada program NUWSP tahun 2020.

Kemudian, Tim CPMU NUWSP juga melakukan kunjungan lapangan ke kantor Perumda Tirta Terubuk, sumber air baku andalan kanal PT Meskom dan waduk Wonosari.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00