• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Produk Inovatif "DODOL SAWIT" Di Stand KTNA Bengkalis Viral Dan Menjadi Penasaran Pengunjung

9 October
16:06 2019
3 Votes (4.7)

KBRN, Bengkalis : Pada kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Tingkat Provinsi Riau XVI Tahun 2019 di Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Sengingi (Kuansing)berlangsung 6 sampai 11 Oktober 2019. Stand KTNA Kabupaten Bengkalis menampilkan berbagai produk olahan makanan maupun hasil kerajinan dari Usaha Kecil Mengengah (UKM) pelaku usaha Home Industri yang ada di Kabupaten Bengkalis. 

Salah satu olahan produk pangan lokal yang ditampilkan adalah Dodol. Penganan manis seperti dodol mungkin semua orang sudah umum mengetahuinya, tapi salah satu produk olahan pangan lokal yang membuat pengunjung penasaran adalah “DODOL SAWIT” olahan UKM RIZKI RABIH dari Desa Sepotong Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Pelaksana tugas  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis Supardi.S.Sos,MH mengatakan merasa bangga produk olahan pangan lokal Kabupaten bengkalis mencuri  perhatian pengunjung dan para peserta dari Kabupaten/Kota se Propinsi Riau dan menjadi viral pada  PEDA KTNA XVI 2019.

“Saya merasa bangga bahwa produk yang kami tampilkan menjadi viral dan setiap harinya para pengunjung stand KTNA Bengkalis, mereka menanyakan bagaimana cara proses pembuatan dodol sawit, para pengunjung mengatakan mereka ingin membuat dodol sawit karna bahan bakunya tersedia di masing-masing daerah.”kata supardi”.

Lanjut Supardi selain produk dodol sawit, dodol labu juga banyak digemari para pengunjung.

Produk dodol sawit, membuat antusias pengunjung ke Stand KTNA Kabupaten Bengkalis dari masyarakat luas. Produk ini merupakan produk baru dikenalkan pada event ini, dan tak ketinggalan juga Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuansing Ir.Emerson menyempatkan diri melihat dan memberi motivasi, serta menyarankan agar produk ini dikembangkan dan dilindungi (Hak Paten) agar tidak diakui sebagai  produk daerah lain. Bahkan menurut beliau, pendapat yang selama ini mengatakan jika sawit tidak bisa dimanfaatkan untuk makanan, terbantahkan.

Produk Olahan lainnya yang ditampilkan di Stand KTNA Bengkalis antara lain, dodol labu , dodol durian, lempuk durian, olahan pangan lokal berbahan sagu yaitu mi sagu, kue bangkit sagu, sagu rendang, sagu lemak dan lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00