• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

BPS Bengkalis Gelar Publisitas Sensus Penduduk 2020

3 October
16:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkalis : Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten bengkalis gelar kegiatan Publisitas Sensus Penduduk 2020, dalam rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2019 yang di peringatai setiap tanggal 26 September setiap tahunnya.

Kegiatan publisitas sensus penduduk tahun 2020 dilaksanakan dihalaman kantor BPS Bengkalis kamis pagi (3/9/19) yang menghadirkan mitra BPS bengkalis , serta para undangan lainnya dari instasi seperti Dishub di wakili Sekretrias Zul Asri, Camat Bengkalis di wakili Sekcam Refli Kurniawan, lapas kela II A bengkalis langsung di hadiri Kalapaz Meizar dan kasi statistic diskominfotik Ediyarsyah, serta undangan lainnya.

Dalam sambutrannya kepala BPS bengkalis sukarwato menjelaskan sensus penduduk tahun 2020 mendatang akan dimulai bulan februari dan maret dengan sistem mandiri, yang artinya sensus dilakukan secara online atau melalui web dan isi langsung oleh perorangan.

“tahun 2020 mendatang kita dari badan statistic bengkalis akan melakukn sensus penduduk yang merupakan program nasional, untuk pelaksanaannya akan di mulai bulan februari dan maret dengan sistem mandiri yang mana akan diisi oleh perorangan dengan mingisi data pokok, sementara untuk sistem wanacara atau di datangi petugas akan di lakukan di bulan juli 2020” ungkap sukarwanto di hadapan para undangan.

Untuk di ketahui sensus penduduk telah di mulai sejak tahun 1961 yang artinya sensus tahun 2020 mendatang merupakan sensus ke tujuh yang di laksanakan oleh pemerintah melalui BPS secara nasional.

Sukarwanto juga menambahkan sebagai data awal akan di gunakan data dari kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) , dan kedepan data kependudukan akan menuju ke “one data” atau bisa di sebut satu data pemerintah, dimana saat ini ada bermacam sumber data seperti data dukcapil, data BPS, data pertanian dan lain sebagainya, kedepan yang ada hanta data pemerintah yang akan di pergunakan secara nasional.

Sesuai UU no 16 tahun 1997 tentang statistic, bahwa Indonesia memiliki tiga agenda sensu yakni tahun berakhiran nol (0) dilaksanakan sensu penduduk, kemudaian akhiran tiga (3) dilaksanakan sensus pertanian dan akhiran enam (6) dilaksanakan sensus ekonomi, dan ini di lakukan secara terus menerus dari tahun ke tahun yang di mulai sejak tahun 1961.

Diharapkan pada tahun 2020 mendatang masyarakat di kabupaten bengkalis bisa turut mensukseskan sensus penduduk yang pada tahun tersebut merupakan untuk ke tujuh kalinya di laksanakan sejak tahun 1961, dengan harapan pada sensus secara mandiri masyarakat bisa turut aktif mengisi data kependudukan secara online agar bisa mencapaui “zero eror” yang artinya kelanjutan data menuju one data atau satu data pemerintah dapat digunakan seluruh instasni.

Kegiatan publisitas sensus penduduk 2020 yang di gelar di halaman kantor BPS Bengkallis di tutup dengan pemotongan tumpeng serta pelepasan balon ke udara yang di lakukan kepala BPS Bengkalis sukarwanto di dampingi para undangan . (MFE)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00