• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinkes Sejak Agustus Hingga Sekarang Telah Distribusikan 99.500 Masker Untuk Warga

17 September
10:59 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Dinas kesehatan (Dinkes) Bengkalis pertanggal 16 September telah mengeluarkan dan membagikan Masker mencapai 99.500 pcs yang tersebar di semua puskesmas dan posko.

Pembagian masker jauh hari sebelum kabut tebal sudah di lakukan Dinkes dengan menyebarkan keseluruh puskesmas, apabila ada masyarakat yang membutuhkan.

Sejak kabut asap Dinkes Bengkalis telah melakukan hal-hal dalam membantu kesehatan bagi masyarakat, selain membentuk Posko Kesehatan, Dinkes juga membagikan masker karena dari segi efektifitanya.

"Kami juga melakukan  sosialisasi langsung, dan cetak baleho, liplek untuk pengumuman di masyarakat langkah-langkah terkait jaga kesehatan terutama saat musim kabut asap,misalnya harus banyak minum air putih dan cuci tangan dengan bersih sebelum makan serta banyak mengkonsumsi buah buahan," kata Ersan Saputra.

Dari data Dinkes 5 jenis penyakit yang dilaporkan, yakni ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Akut), Pneumonia, Asma, Iritasi Mata dan Iritasi Kulit, Asma yang terbanyak.berdasarkan data rekapan bidang P2P dari 1 s/d 14 September 2019 tercatat total dari 5 jenis penyakit disebabkan asap adalah 369 kasus dari 18 UPT Puskesmas di Kabupaten Bengkalis.

Dari jumlah tersebut kasus yang terbanyak kasus yang terbanyak di alami warga adalah jenis ISPA 326 kasus, Asma 21 kasus, iritasi kulit 13 kasus dan iritasi mata 11 kasus, sedangkan yang terbanyak di jumpai di UPT Puskesmas Muara Basung.

Kadis Kesehatan juga menambahkan pihaknya terkait kabut asap ia sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten Bengkalis terkait kondisi kwalitas udara yang tak sehat saat ini, terutama di daerah Kecamatan Mandau dan Pinggir.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00