• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

Ketua DPRD Sementara Usai Pengucapan Sumpah/Janji, Hari Yang Sama Pimpin Sidang Pembentukan Fraksi

17 September
07:02 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Pasca pengucapan sumpah/janji di pagi harinya, DPRD Kabupaten Bengkalis masa jabatan 2019-2024 langsung tancap gas.

Dipimpin Ketua Sementara H Khairul Umam, Senin siang, 16 September 2019, mereka langsung menggelar Rapat Paripurna pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis.

Pada Rapat Paripurna yang dimulai sekitar pukul 15.20 WIB itu, Khairul Umam yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera, didampingi Syahrial dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Sementara.

Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah H Bustami HY, hadir dalam Rapat Paripurna yang diikuti 36 dari 45 anggota DPRD Bengkalis yang dilaksanakan di Gedung Cikpuan Bengkalis tersebut.

Rapat Paripurna ini menyepakati pembentukan fraksi-fraksi DPRD Bengkalis 2019-2024. Yakni, 7 fraksi. Terdiri dari 5 fraksi murni dan 2 fraksi gabungan.

Kelima fraksi murni tersebut adalah: Fraksi Partai Keadilan Sejahtera; Ketua H Abi Bahrun, Wakil Ketua H Samsu Dalimunthe (Samda), Sekretaris Sanusi, Anggota Susianto, Hj Zahraini, Giyatno, H Khairul Umam, dan H Adri.

Fraksi Partai Golkar; Ketua Syahrial, Wakil Ketua Rubi Handoko, Sekretaris Rahma Yeeny, Anggota Al-Azmi, H Asmara, Septian Nugraha, Syafroni Untung, dan Hendri.

Fraksi Partai Amanat Nasional; Ketua H Abdul Kadir, Wakil Ketua Zuhandi, Sekretaris Rianto, Anggota H Zamzami, Syaiful Ardi, dan Indrawansyah.

Fraksi PDI Perjuangan; Ketua Sofyan, Wakil Ketua Erwan, Sekretaris Febriza Luwu, Anggota Simon Lumban Gaol, Ferry Situmeang dan Kaderiswanto.

Fraksi Partai Gerindra; Ketua Andi Fahlevi, Wakil Ketua Zamzami Harun, Sekretaris Adihan, Anggota Elman, Romel Sinalsal, dan H Ariyanto.

Sedangkan 2 fraksi gabungan adalah; Fraksi Partai Kebangkitan Bintang Indonesia; Ketua Irmi Syakip Arsalan, Wakil Ketua Laurensius Tampubolon, Sekretaris H Mawardi, Anggota Sugianto, dan Surya Budiman.

Fraksi Partai Kebangkitan Bintang Indonesia ini merupakan fraksi gabung, yakni dari Partai Kebangkitan Bangsa (Irmi Syakip Arsalan, Sugianto dan Surya Budiman), Partai Perindo (Laurensius Tampubolon), dan Partai Bulan Bintang (H Mawardi).

Kemudian, Fraksi Partai Suara Rakyat; Ketua Askori, Wakil Ketua dr Morison Bationg Sihite, Sekretaris Firman, Anggota Nanang Haryanto, Rosmawati Sinamberla, dan Mustar J Ambarita.

Fraksi Partai Suara Rakyat juga merupakan fraksi gabungan, yakni Partai Nasdem (Askori, Mustar J Ambarita dan Rosmawati Sinambela), Partai Persatuan Pembangunan (Firman) dan Partai Demokrat (dr Morison Bationg Sihite dan Nanang Haryanto).

Kurang dari 4 Kursi

Partai-partai yang membentuk fraksi gabungan tersebut karena perolehan kursinya kurang dari 4 kursi, sebagai syarat minimal yang harus dipenuhi.

Pasalnya, untuk membentuk satu fraksi di DPRD Kabupaten Bengkalis, satu partai politik memang harus memperoleh 4 kursi. Harus sama dengan jumlah Komisi di DPRD Kabupaten Bengkalis.

Jumlah Komisi di DPRD Kabupaten Bengkalis sebagai diatur dalam Pasal 378 huruf a UU No 17/2014 yang telah diubah menjadi UU No 2/2018 (perubahan kedua) sebanyak 4 Komisi.

“DPRD kabupaten/kota yang beranggotakan lebih dari 35 (tiga puluh lima) orang membentuk 4 (empat) Komisi”, demikian bunyi Pasal 378 huruf b tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00