• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

KSOP Kelas II Tanjung Buton Ingatkan Kapal Kapal Yang Melintas di Jalur Roro Untuk Hati-hati

14 September
10:22 2019
2 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Tanjung Buton juga telah memberikan peringatan dini terhadap pemilik perusahaan pelayaran yang melintas di wilayah selat Bengkalis dan juga menuju ke Buton.

KSOP Kelas II Tanjung Buton yang berkantor di Sei pakning Kecamatan Bukitbatu Kabupaten Bengkalis, Riau ini juga sudah mengirimkan surat edaran kepada perusahaan pemilik kapal dan pelayaran menyikapi kondisi cuaca berkabut asap yang semakin tebal.

Kepala KSOP Kelas II Tanjung Buton Zainuddin M.Mar E.MS.i melalui Embing Sukarriya, Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Kantor KSOP Kelas II Tg.Buton menyebutkan bahwa dengan kondisi kabut asap ini seluruh nahkoda ataupun operator kapal selalu berhubungan dengan radio pantai terdekat dan melaporkan kondisi cuaca saat berlayar.

"Kita juga sudah meminta kepada stasiun radio pantai atau radio pandu agar menginformasikan kepada seluruh kapal yang melewati alur pelayaran di selat Bengkalis, Selat Lalang atau pun sungai Siak untuk berhati hati berlayar karena kondisi cuaca kabut asap yang terjadi saat ini," kata Embing Sukarriya, Sabtu,(14/9/2019).

Embing juga meminta kepada kapal kapal untuk menggunakan alat navigasi yang ada di kapal dan menghidupkan lampu navigasi jika dibutuhkan pada saat pelayaran, namun sampai saat ini untuk pelayaran dilaut masih aman.

"Kita cuma menghimbau kepada kapal kapal yang masuk ke alur sungai atau selat agar lebih waspada karena jarak pandang terbatas, berlayarlah dengan kecepatan yang aman agar tidak terjadi hal hal buruk selama berlayar," kata Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli.

Dikatakan Dia sejauh ini belum ada kapal yang menunda keberangkatan karena posisi sekarang masih bisa dilakukan pelayaran karena kabut asap belum terlalu menggangu, namun pihak KSOP Kelas II Tanjung Buton tetap menghimbau agar alat alat navigasi dan lampu navigasinya dihidupkan kalau kondisi kabut yang semakin memburuk.

"KSOP juga mengingatkan kapal kapal yang keluar masuk ke arah sei pakning atau melintas di selat Bengkalis yang melewati pelabuhan Roro yang notabenenya kapal penumpang yang melintas untuk sangat berhati-hati," tutup Hembing.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00