• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kadiskes : Seluruh Puskesmas Akan Gunakan System BLUD

24 August
06:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan mempersiapkan pengelolaan sejumlah puskesmas dengan sistem badan layanan umum daerah (BLUD). Hal ini bertujuan agar puskesmas lebih mandiri. 

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra, pengelolaan dengan BLUD akan membuat puskesmas tidak lagi bergantung dengan perangkat daerah seperti dinas kesehatan. 

Pada sistem ini, dikatakan Ersan, kepala puskesmas dituntut bekerja layaknya entrepreneur. Puskesmas dituntut berinovasi sendiri. 

"Tidak bergantung apa program yang ada di Dinas tetapi tergantung inovasi mereka sendiri. Jadi kepala puskesmas dituntut seperti entrepreneur untuk mengembangkan puskesmas sama seperti RSUD, " kata Ersan Saputra,Jum'at, (23/8/2019). 

Dengan pengelolaan BLUD, tuturnya Pendapat Asli Daerah (PAD) tidak lagi masuk ke Dinkes, langsung ke Puskesmas. 

"PAD tidak lagi masuk ke Dinkes tetapi langsung ke mereka. Jadi mereka yang mengelola keuangannya, mereka yang mengelola struktur organisasinya, "tegas dr Ersan. 

Ersan mengupayakan, dalam waktu tiga bulan kedepan SK Bupati tentang penetapan puskesmas sebagai BLUD keluar. 80 persen puskesmas ditarget berstatus BLUD tahun 2019. 

"Nanti kita upayakan mudah-mudahan dalam waktu tiga bulan ini selesai SK bupati penetapan puskesmas sebagai BLUD. Kalau tidak seluruh 80 persen kita targetkan selesai dalam tahun ini. Tapi penganggarannya tahun 2020 baru bisa dianggarkan puskesmas sebagai BLUD, " papar Ersan lagi. 

Plt Direktur RSUD Bengkalis ini berharap dengan pengelolaan BLUD tersebut puskesmas lebih mandiri kedepan. 

"Mereka mau beli kursi misalnya tidak perlu lagi menunggu dinas, begitu juga mau beli obat belanja sendiri. Kita hanya tinggal menverifikasi, kita hanya sebagai regulator bukan sebagai player lagi, "imbuhnya.

"Puskesmas yang layak di BLUD diantaranya Puskesmas Bengkalis, Bantan, Mandau yang di kota, Muara Basung, Pinggir dan di Sebangar saya fikir sudah layak, " pungkas dr Ersan Saputra.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00