• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

647 Warga Binaan Lapas Bengkalis Dapat Remisi Pada HUT ke 74 RI

17 August
16:20 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Setiap peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Indonesia mendapatkan Remisi atau potongan tahanan.

Seperti di Lapas kelas II A Bengkalis pada HUT ke 74 Republik Indonesia sebanyak 647 narapidana (Napi) warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis dari sebanyak 1.607 orang, terima remisi dan 3 mendapatkan remisi bebas.  

Yang dinyatakan langsung bebas karena memperoleh remisi atau RU II pada hari ini, 17 Agustus 2019 yaitu, Napi yang memperoleh resmisi 1 bulan, remisi 3 bulan dan 4 bulan.

Kemudian dari 647 Napi yang memperoleh pemotongan masa hukuman itu terdiri dari, remisi 1 bulan sebanyak 120 orang, remisi 2 bulan, 135 orang. Kemudian untuk pemotongan hukuman 3 bulan berjumlah 173 orang, remisi 4 bulan sebanyak 118 orang, lalu potongan hukuman 5 bulan berjumlah 81 orang, dan yang memperoleh remisi selama 6 bulan berjumlah 20 orang.

Penyerahan remisi memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 RI ini, secara simbolis dilakukan oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis Maizar serta jajaran Forkopimda di Halaman Dalam Lapas Kelas IIA Bengkalis. 

Turut hadir pimpinan Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkab Bengkalis. 

"Yang memperoleh remisi ini merupakan Napi yang kita usulkan. Mereka seluruhnya sudah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan untuk memperoleh hak sebagai warga negara Indonesia di Hari Kemerdekaan ini," ungkap Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis Maizar.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, di kesempatan ini membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI. 

Salah satu Napi hari ini dinyatakan bebas karena memperoleh remisi 1 bulan, Efendi alias Doyok berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena diberikan remisi.

Pria duda dijebloskan ke penjara dan menjalani hukuman karena kasus penadahan ini, tidak kuasa menahan harunya. 

"Perasaan senang pak, terima kasih.  Taubat saya pak mudah-mudahan setelah ini saya akan fokus menjalankan ibadah," ucap Doyok berumur sudah paruh baya ini dengan mata berkaca-kaca.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00