• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

PDAM Lakukan Pengerukan Waduk Dan Buka Alur Air Dari Kanal PT.Meskom

2 August
20:53 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Secara teknis, kondisi pipa hisap pompa air baku PDAM Bengkalis saat ini ada 2 pompa hisap pengolahan yang dioperasikan. Namun karena kondisi air baku waduk di Wonosari Timur, Kecamatan Bengkalis mengalami penurunan, maka kedua pompa hisap kondisinya sudah mengapung, karena debit air yang menyusut.

Direktur PDAM Tirta Terubuk Bengkalis Jufrizal,SE menyebutkan untuk mengatasi hal itu, terpaksa saat ini PDAM Bengkalis hanya mengoperasikan 1 pompa hisap pengolahan air baku yang dipindahkan ke Ponton yang telah dibangun PDAM. Kemudian ditempatkan ke titik terdalam waduk.

"Dengan kondisi tersebut, PDAM saat ini terus berupaya dan mencari solusi agar melancarkan jalannya pompa hisap yang dioperasikan 1 saat ini. Salah satu cara yang kita dilakukan, juga dengan membersihkan saluran air yang ada di sekitar waduk, agar air tersebut masuk ke waduk," kata Jufrizal, Jum'at,(2/8/2019) disela menyaksikan proses pengerukan dengan menggunakan escapator di waduk.

Selain itu, PDAM juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak PT Meskom Agro Sarimas (MAS) dan Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis. Bagian Distribusi PDAM Bengkalis tengah melakukan pekerjaan pengaliran air kanal PT Meskom menuju waduk.

Dalam kondisi normal, IPA A dan IPA B PDAM Bengkalis berkapasitas 50 liter/detik. 20 liter/detik untuk IPA A dan 30 liter/detik untuk IPA B. Dengan kondisi waduk saat ini, PDAM terpaksa hanya mengoperasikan IPA B dengan kapasitas 30 liter/detik. Sehingga, hal itu mengganggu pendistribusian air ke pelanggan.

"Artinya, 30 liter/detik yang beroperasi, jelas tidak akan memenuhi kebutuhan air untuk pelanggan. Terutama bagi pelanggan yang radiusnya cukup jauh,"kata Jufrizal.

Ditambahkan Jufrizal hari ini PDAM Bengkalis telah memasukkan alat berat ke waduk dan melakukan pengerukan. Hal ini dilakukan agar dalam jangka panjang kondisi ketersediaan air di waduk diharapkan akan bertahan.

Direktur PDAM menyampaikan permintaan maaf ke masyarakat dan pelanggan atas kondisi tersebut. Namun demikian, PDAM terus melakukan yang terbaik agar distribusi air ke masyarakat dan pelanggan tetap terjaga.

"Saat ini, suplai air baku dari PT Meskom sudah berjalan. Dan hal itu membantu kondisi air baku di waduk masih tetap bertahan,"ungkap Jufrizal di dampingi Humas PDAM Bengkalis.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00