• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Publik

Tokoh Masyarakat Nilai Acara Balap Motor Perlu Persiapan dan Kajian

18 July
09:57 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Peristiwa kecelakaan pada saat pelaksanaan kegiatan balap motor di Bengkalis yang diselenggarakan Ikatan Motor Indonesia di tanggapi salah satu tokoh masyarakat perencanaan belum.maksimal, terutama terkait sefty atau pengamanan untuk penonton.

Wan Muhammad Sabri salah satu tokoh masyarakat di Bengkalis angkat bicara terkait insiden yang merenggut nyawa Muhammad Syukur (21), seorang penonton Kejurda Balap Motor Korwil IMI Bengkalis setelah tertabrak motor pembalap, Ahad (14/7/2019)  petang. 

Menurut Wan Muhammad Sabri, lokasi balap seharusnya ditinjau dahulu sebelum event di laksanakan. Apakah layak atau tidak sama pemberi izin. 

"Seharusnya tempat itu ditinjau dulu, layak atau tidak kalau tempatnya tidak layak jangan diizinkan,"ungkapnya, Rabu (17/7/2019). 

Kata Wan Sabri, pihak penyelenggara event balapan motor seharus betul-betul memperhatikan keselamatan. Keselamatan itu tidak hanya terhadap pembalap, tetapi juga keselamatan penonton. 

"Alat keselamatannya memang harus disediakan betul, jangan hanya satu dua ban saja ditumpuk sebagai tanda saja. Sekurang-kurangnya dibelakang ban itu harus ada waterbarier yang berisikan air. ketika dia kena (motor pembalap) dia tidak akan terpental dan akan tertahan disitu," jelasnya lagi. 

Kejadian insiden merenggut nyawa penonton, dia menduga ada kelalaian dari penyelenggara. Lokasi harusnya steril dan safety. Sehingga tidak berdampak bahaya, bagi penonton apalagi pembalap. 

"Lokasi arena betul-betul di safety, penonton harus selamat pemain juga harus selamat. Jadi seperti ini bisa diduga kelalaian daripada panitia,"imbuh Wan Sabri.

"Setidaknya panitia harus banyak anggotanya. Ketika ada penonton yang masuk ke arena suruh keluar cepat. Karena permainan ini berbahaya, pemain itu kalau jatuh pun safety. Terus penonton safetynya mana, yaitu dia harus ada pengamanan yang betul-betul aman, apalagi itu ditikungan. Sedang trek lurus saja berbahaya apalagi itu tikunga, "tambahnya.

Dia berharap, pihak panitia benar-benar bertanggungjawab atas kejadian itu.

Diberitakan sebelumnya, Insiden mengerikan terjadi di sekitaran arena balap motor di Kejurda Balap Motor Korwil Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bengkalis,  Ahad (14/7/2019) petang. 

Arena balap yang dipusatkan sekitaran jalan Lapangan Tugu Bengkalis menelan korban. Muhammad Syukur (21) warga Gang Suka Maju Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis, meninggal dunia. 

Korban yang merupakan penonton diduga tertabrak motor pembalap peserta Kejurda Balap Motor Korwil IMI Bengkalis. Kejadian itu terjadi di tikungan balap tepat depan kantor Diskominfotik Kabupaten Bengkalis. 

Korban sempat di rawat di RSUD Bengkalis dan menghembuskan nafas terakhir pukul 01.40 WIB, dinihari tadi. 

Atas kejadian tersebut, Korwil IMI Bengkalis sebelumnya sudah menegaskan siap bertanggungjawab.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00