• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Hari Terakhir Operasi Zebra 2017, Polres Bengkalis Keluarkan 1547 Tilang

14 November
23:16 2017
1 Votes (5)

KBRN Bengkalis :  Tepat pukul 24:00 WIB,14 Nopember 2017 Operasi Zebra Siak 2017 di jajaran Polres Bengkalis telah berakhir.

Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni SIK melalui Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Rachmad C.Yusuf mengatakan masih banyak pelanggaran lalu lintas yang didapati dalam Ops Zebra kali ini dan yang terbanyak adalah pelanggaran helm dan safety belt.

Dikatakan Kasat Lantas tercatat 1547 Tilang yang dikeluarkan dan 80 Teguran Data tersebut meningkat dari tahun 2016 sebanyak 965 Tilang. 

"Jenis pelanggaran roda dua atau sepeda motor tidak menggunakan helm sebanyak 494 Tilang, 215 Tilang pelanggara Syarat teknis dan layak jalan,114 tilang pelanggaran melanggar traffic light, 56 pelanggaran melawan arus dan pelanggaran lainnya,"kata Kasat Lantas AKP Rachmad C Yusuf, Selasa,(14/11/2017). 

Sementara pelanggaran Mobil dan Kendaraan Khusus yang terbanyak adalah Safety Belt dengan 112 Tilang.

Sementara pelaku pelanggaran itu sendiri yang paling terbanyak adalah Karyawan swasta dengan 1329 pelanggar dan Mahasiswa/Pelajar dengan 85.

"Pelanggar ini usia dominan 31-35 tahun, dari data pelanggaran ini dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya kesadaran Masyarakat untuk dapat Tertib dalam berlalu lintas," tambah Kasat.

Tidak hanya melaksanakan penegakkan hukum, namun kegiatan Preventif juga dilaksanakan selama Operasi Zebra kali ini, yaitu sebanyak 188 kali Penyuluhan keselamatan melalui media, 1050 kali penyebaran spanduk, brosur, 45 Program nasional keselamatan yaitu Police go to School, Police go to Campus dan Sosialisasi terhadap Masyarakat Teroganisir dan tidak Terorganisir.

"Hal ini dilaksanakan untuk mencegah adanya pelanggaran lalu lintas dan pencegahan terhadap kecelakaan lalu lintas dengan sosialisasi dan pemberian himbauan keselamatan,"kata Dia lagi.

Kasat Lantas mengharapkan setelah Operasi zebra siak kali ini masyarakat dapat sadar dan lebih tertib akan peraturan lalu lintas demi keselamatan di Jalan Raya. 

Tentu saja kita  tidak hanya pada saat operasi zebra saja , namun keselamatan adalah yg pertama dan utama oleh karenanya diharapkan kepada seluruh masyarakat agar menaati peraturan lalu lintas.

"mari kita ciptakan kamseltibcar lantas di wilayah kabupaten Bengkalis . Tertib Bengkalisku Tertib Indonesiaku,"himbau Kasat.(TSMI).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Heriyanto Pelaku Kasus Pembunuhan Berencana Disertai Mutilasi Vonis Mati

00:00:00 / 00:00:00