• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Yayasan Setara Lakukan Penelitian Cara Mencegah Bullying

5 June
00:17 2017
0 Votes (0)

KBRN, Semarang: Guna mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah, serta mengurangi terjadinya kekerasan dan Bullying di sekolah, yayasan Setara Semarang bekerjsama dengan UNICEF dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pegendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPADalDukKB) Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang mengembangkan program penelitian-aksi terkait pencegahan kekerasan antar teman sebaya.

Kegiatan mengadaptasi program bernama Roots, program global pencegahan kekerasan di kalangan teman sebaya yang berfokus pada upaya membangun iklim yang aman di sekolah dengan mengaktivasi peran siswa sebagai Agen Berpengaruh atau Agen Perubahan

“Program ini akan dilaksanakan di dua kota sebagai Pilot Project yaitu Kabupaten Klaten dan Kota Semarang  melibatkan UNICEF, Yayasan Setara, tim teknis, tim peneliti dari UNNES, Undip, UNIKA Semarang, Universitas Sebelas Maret, dan Unwidha Klaten, tim fasilitator dari Forum Anak Kota Semarang dan Forum Anak Kabupaten Klaten, serta dukungan dari DPPPA Dalduk KB Provinsi Jawa Tengah,” tutur Manager Program Yayasan Setara Semarang, Ika Camelia di sela acara Loka Karya Model Pencegahan Bullying, di Semarang, Minggu (4/6/2017).

Sedangkan Lokakarya yang diselenggarakan selama 4 hari bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang Bullying dan merupakan langkah awal bagi tim pelaksana program untuk membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program beberapa bulan ke depan. 

“Sebagai langkah awal guna menyamakan pemahaman dan persepsi terkait pelaksanaan action riset model pengembangan pencegahan bullying di sekolah tersebut, Yayasan Stara menyelenggarakan Lokakarya selama 4 hari (1-4 Juni) di Semarang,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas PPPA Dalduk KB, Sri Kusuma Astuti  dalam sambutan pembukaan Lokakarya Model Pencegahan Bullying, Kamis (1/6) menegaskan  bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung pelaksanaan pengembangan model pencegahan bullying yang akan dilaksanakan di Kota Semarang dan Kabupaten Klaten. 

“Program ini sejalan dengan cita-cita pemerintah provinsi Jawa Tengah untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak di semua wilayah, terutama di instansi pendidikan,” ungkap Kepala Dinas PPPA Dalduk KB dalam pembukaan Lokakarya Model Pencegahan Bullying di Semarang. (DNA/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00