• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Launching Sensus Penduduk Pemkab Serang Diapresiasi BPS

23 January
17:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Serang: Sekertaris utama BPS RI, Adi Lumaksono mengapresiasi upaya Pemkab Serang yang melakukan launching Sensus Penduduk tahun 2020 yang pertama kalinya secara nasional. Sehingga BPS Pusat juga secara khusus datang ke Serang untuk menyaksikan launching perdana program nasional tersebut. Demikian diungkapkan Adi saat menghadiri launching Sensus penduduk tingkat Kabupaten Serang, Kamis (23/1/2020). 

Menurutnya dari hasil laporan, Kab Serang merupakan salah satu daerah yang selalu merujuk data BPS untuk dijadikan kebijakan program daerah. Dampaknya hal itu menjadi positif terhadap daerah dalam menjalankan kebijakan Bupati dan Wakil Bupati.
"Kab Serang selalu memanfaatkan data BPS sebagai pengambilan kebijakan di semua sektor. Sehingga dampaknya positif," kata Adi.

Salah satu contohnya Adi menyebut, dalam kaitannya program pengentasan kemiskinan, Pemkab Serang berpatokan terhadap data yang disuguhkan oleh BPS. Sehingga dalam kurun waktu 2018 ke 2019 angka kemiskinan di Kabupaten Serang mampu diturunkan.
"Ketika menjadi responden Pemkab memberikan infromasi yang sebenarnya. Tidak ada rekayasa seperti kemiskinan. Makanya antara kurun waktu tahun 2018 dan 2019 , Pemda mampu menurunkan angka pengangguran sebesar 2 persen," katanya.

Tidak hanya itu, Adi menyebut sikap Pemkab Serang dalam bekerjasama dengan BPS dinilai sangat baik. Pemkab Serang diklaim tidak pernah melakukan intervensi untuk penyajian data yang lebih baik. Sehingga ini juga menjadikan kinerja petugas BPS di Serang merasa nyaman bersinergi dengan Pemda.
"Tidak pernah ada permintaan dan intervensi kepada BPS terkait data. Kami berkeyakinan data yang digunakan bermanfaat dan tepat sasaran," tegas Adi.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku siap mesukseskan program sensus penduduk tahun ini. Jajarannya dari tingkat OPD hingga Desa berkomitmen untuk menjalankan program rutin BPS ini.
"Kami di Pemda, OPD, Kecamatan hingga Desa siap mensukseskan program Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan hingga Maret ini," katanya.

Dengan tagline satu data, Tatu berharap setiap warga di Kabupaten Serang dapat dengan mudah ketika dilakukan intervensi program dari Pemda. Apalagi data-data yang disuguhkan oleh BPS kerapkali dijadikan patokan Pemda dalam menentukan kebijakan program yang akan dilaksanakan.
"Dari data itu nanti, pemerintah akan melakukan kebijakan program untuk warga," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00