• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perbaikan Petilasan Wong Sagati Diminta Segera Dilakukan

22 January
20:10 2020
0 Votes (0)

KBRN,  Lebak: Pengelola Makam Keramat Dalem Wong Sagati di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak berharap progres perbaikan area pemakaman akibat terjangan banjir bandang dan tanah longsor bisa cepat rampung. Pasalnya terjangan air bah yang menghantam area pemakaman tak berdampak terhadap tingginya pengunjung. 

"Apalagi pada momen malam Jumat biasanya lokasi petilasan ini akan dipadati pengunjung tidak hanya dari wilayah Lebak. Melainkan banyak pula yang datang dari luar Lebak hingga dari luar Banten," kata salah seorang pengelola Petilasan Wong Sagati, Abah Jaeli, Rabu (22/1/2020). 

Jaeli mengakui sudah ada perwakilan pemerintah melalui dinas pariwisata yang melakukan pendataan atas kerusakan area pemakaman. Mereka telah mencatat jenis jenis kerusakan dan rencana upaya perbaikan. 

"Susah ada pa yang datang, nanya-nanya dan mencatat bangunan yang rusak. Hanya pagar dan beberapa warung saja yang rusak. Waktu itu air juga menggenangi petilasan utama ini," kata Jaeli. 

Meski diakui Jaeli pihak pemerintah tidak merinci bantuan seperti apa yang akan diberikan oleh Pemda untuk melakukan perbaikan terhadap bangunan yang rusak. Karena sampai saat ini belum ada tindaklanjut dari pendataan tersebut. 

"Belum ada lagi yang datang, waktu itu hari ketiga setelah bencana ada pendataan," tegasnya. 

Untuk diketahui Makam Keramat Dalem Wong Sagati di Desa Sajira Mekar Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak merupakan petilasan sejarah terkait kekuasaan Kerajaan Sunda Pajajaran pada masa silam. Dalam silsilahnya, Prabu Dalem Hadi dan Prabu Dalem Wong Sagati masih ada kaitannya dengan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang pada masa Kerajaan Padjajaran. (NJ)


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00