• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dodiklatpur Berlakukan Pengetatan Permintaan Pulang Pengungsi Banjir & Tanah Longsor

22 January
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lebak: Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran (Dodiklatpur) Ciuyah kab Lebak memberlakukan pengetatan terhadap pengungsi yang mengajukan pulang ke rumah mereka masing-masing. Pengetatan dilakukan agar warga tidak terlunta-lunta ketika pulang ke kampung halaman mereka yang terdampak bencana. 

Komandan Dodiklatpur Letkol Inf Ageng Wahyu Romadon menjelaskan setiap harinya ada pengungsi yang meminta pulang untuk melihat rumah mereka. Namun tidak semua permintaan warga dituruti oleh Dodiklatpur. "Alasannya sejumlah kampung di Lebak Gedong masih dalam kondisi bahaya. Apalagi, berdasarkan prediksi BMGK instensitas hujan di wilayah Lebak masih tinggi hingga Maret nanti," ungkap Ageng, Rabu (22/1/2020).

Maka dari itu, Agenb mengaku setiap warga yang ingin mengajukan pulang permanen, maka akan dilakukan pengecekan terhadap wilayah mereka. 
"Sehingga setiap warga yang sudah keluar posko pengungsian tidak mengalami kekurangan suplai kebutuhan keperluan sehari-hari," ucap Ageng.

Bahkan Agenb mengaku apabila dari hasil pendataan yang bersangkutan layak untuk dipulangkan, maka akan dibekali dengan perbekalan sandang dan pangan yang memadai. 
"Dengan demikian kelangsungan hidup mereka di kampungnya masing masing tidak terkendala," katanya. 

Adapun sampai saat ini, Ageng menambahkan jumlah pengungsi di Dodiklatpur Ciuyah Lebak terdapat sekitar 530 jiwa. Jumlah tersebut terbagi dari 130 kepala keluarga dan menempati 9 barak yang telah disediakan markas TNI tersebut. 
"Memang jumlahnya berkurang meski tidak banyak. Untuk pertama kali jumlah pengungsi ada sekitar 600an jiwa," tukas Ageng. 


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00