• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Sejarah Kebantenan Bisa Dijadikan Bahan Seleksi Pegawai Pemerintah Daerah

20 January
15:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Serang: Pemerintah provinsi Banten melalui kebijakan Gubernur hendaknya menjadikan pengetahuan Kebantenan menjadi syarat mutlak ketika menyeleksi pegawai. Dengan begitu para ASN di lingkup Pemprov Banten akan merasa memiliki daerah ini. 

"Bisa saja dijadikan keputusan untuk seleksi ASN eselon IV, III dan II itu menjadi syarat mutlak. Sehingga jiwa memiliki Bantennya akan lebih terpatri dalam hati mereka masing-masing," kata Peneliti Banten, Heritage Mufti Ali kepada rri.co.id, Senin 20/1/2020). 

Menurutnya apabila merujuk pada literasi sejarah, maka Banten menjadi salah satu daerah yang disegani dalam dunia internasional. Tidak hanya kaya akan hasil buminya, melainkan Banten juga banyak diminati oleh Negara-negara besar di dunia karena keramahan warganya. 

"Dengan merujuk pengalaman historis Kesultanan Banten yang pernah memiliki hubungan dagang internasional dengan Kerajaaan Negara-negara besar di Asia, Eropa dan Amerika," kata Mufti. 

Atas dasar itu, kata dia hendaknya pemerintah bisa membuktikan kembali nilai-nilai sejarah itu. Salah satunya dengan mensosialisasikan kepada abdi negara di lingkup pagawai dan masyarakat secara luas. 

"Harusnya kan ini menjadi pemacu bagi ASN misalnya yakni dengan berkontribusi positif terhadap kemajuan perekonomian Banten. Karena sejak dulu ekonomi Banten sudah diakui Negara-negara besar di dunia melalui kerjasama dagangnya," tegas Mufti. (NJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00