• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Taman Nasional Ujung Kulon Kehadiran 2 Keluarga Baru

27 April
10:57 2018
0 Votes (0)

KBRN, Pandeglang : Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) kehadiran keluarga baru. Hal ini menyusul lahirnya dua anak badak jawa dari induk yang berbeda. Satu anak badak jawa lahir dari induk Dewi dengan ID 004.2011 dan satu lagi berasal dari kandungan Puri, dengan ID 013.2011.

Kelahiran dua anak badak jawa itu diketahui setelah Tim Rhino Monitoring Unit TNUK, melihat rekaman video trap pada bulan Februari lalu. Dimana anak badak jawa dari Puri, ditemukan di Blok Rorah Bogo yang kemudian diberi ID 073.2018. Sedangkan anak badak jawa dari induk Dewi, ditemukan di Blok Cikeusik, SPTN Wilayah II Pulau Handeleum, TNUK dan ditandai dengan ID 074.2018.

Baca juga: Seekor Badak Jawa di TNUK Pandeglang Mati Misterius

“Berdasarkan rekaman video trap pada bulan Februari lalu, diketahui terdapat 2 anak badak jawa baru. Tetapi kami belum beri nama,” ujar Kepala TNUK, Mamat Rahmat, Kamis (26/4/2018).

Dengan ditemukannya dua anak badak jawa tersebut, maka kini populasi hewan langka itu berjumlah 68 individu. Dari hasil monitoring tahun 2017 tercatat ada 67 populasi badak jawa.

“Namun sayangnya, beberapa hari lalu seekor badak jawa dengan nama Samson ditemukan mati di Pantai Karang Ranjang, Pulau Handeleum. Jadi sekarang angka minimum populasi badak jawa di TNUK hanya ada 68 individu,” sebut Rahmat.

Badak jawa yang memiliki nama latin Rhinoceros Sondaicus Desmarest, merupakan spesies langka diantara lima spesies badak yang ada di duni. Sehingga, badak jawa termasuk dalam daftar Red List Data Book yang dikeluarkan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Badak jawa juga terdaftar dalam Apendiks I Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), sebagai jenis yang jumlahnya sangat sedikit di alam dan dikhawatirkan akan punah.

Badak jawa juga diklasifikasikan sebagai jenis satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar. (DF).

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00