• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Hadiri Melasti, Ketua MUI Ajak Umat Hindu untuk Menjaga Alam

11 March
14:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Tangerang: Ketua Masjelis Ulama Indonesia Provinsi Banten Ahmad Romli hadiri langsung perayaan melasti umat Hindu di Pantai Tanjung Pasir Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Serang.
Dalam kesempatan tersebut  Ahmad Romli diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan (Darma Wacana) dihadapan ribuan umat Hindu se-Banten.

"Dalam kesempatan ini saya dari MUI provinsi Banten meminta kepada umat hindu untuk menjaga alam. Karena dalam ajaran Hindu dipastikan telah mengajarkan persoalan untuk menjaga kelestarian alam," kata A Romli.

Menurutnya, dalam konteks sosial ada kegiatan dalam umat Hindu misalnya konsep tentang syukur dan berbuat kebaikan terhadap orang lain. Karena kerusakan alam dan lingkungan itu disebabkan dan dilakukan oleh agama tetentu, tapi oleh manusia apa saja agamanya.

"Maka dari itu kita harus menjaga bersama. Dalam ajaran agama itu kan ada yang beririsan adapula yang berbeda. Kalau yang beda jangan disama-samakan dan yang sama jangan dibeda-bedakan," ttur Romli.

Karenaya Lanjut Romli kehadirannya dalam perayaan Melasti umat Hindu ini merupakan bagian dari dukungan terhadap umat Hindu di Banten.

"Jadi kehadiran saya di sini bukan ikut-ikutan. Tapi ini bagian dari dukungan kepada umat Hindu," tegas Romli.

Ketua PHDI provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja mengapresiasi atas kehadiran ketua MUI untuk memberikan Darma wacana dalam perayaan Melasti. Karena kehadiran ketua MUI dianggap mampu memperkuat keberagaman dalam umat Hindu di Banten.

"Saya apresiasi atas kesediaan pa Romli untuk memberikan sambuatn di acara Melasti ini," ujar Alit.

Sedangkan tekait ajakan ketua MUI provinsi Banten tersebut. Apalagi ajakan tersebut untuk menjaga alam merupakan ajaran utama dalam agama Hindu.

"Tentu itu sangat baik, karena menjaga alam bagian dari ajaran Hindu yang harus diamalkan oleh umat. Selain tentunya mengawlal NKRI juva menjadi pesan terhadap umat lantaran bagian dari tema Nyepi yang kami usung tahun ini," tukasnya. ( Nasrudin Jahari)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00