• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Bapaslon Agus Irawan-Syamsul Bahri Gagal, KPU Kota Serang Tetapkan 3 Paslon

12 February
17:33 2018
0 Votes (0)

KBRN, Serang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang akhirnya menetapkan tiga Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) menjadi Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Serang. Ketiga paslon itu adalah Samsul Hidayat-Rohman, Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan dan Syafrudin-Subadri Usuludin.

Penetapan Paslon ini dilakukan KPU Kota Serang dalam siding pleno yang digelar di Hotel Ledian, Kota Serang, Senin (12/2/2018). 

Sebelumnya, KPU mencatat ada empat Bapaslon yang akan memperebutkan kursi Walikota dan Wakil Walikota. Namun lantaran syarat dukungan minimal tidak bisa dipenuhi, maka KPU menggagalkan pencalonan Agus Irawan-Syamsul Hidayat dari jalur perorangan.

Pasangan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat karena BA7 atau berita acara hasil penelitiannya menunjukan, surat dukungan terhadap Bapaslon Agus Irawan-Samsul Bahri tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan. 

Dari 38.700 syarat minimal bagi calon independen, mereka hanya mampu memenuhi sebanyak 9.468.

Meski keduanya telah menyerahkan sekitar 55.000 surat dukungan saat masa perbaikan, akan tetapi ketika dilakukan verfikasi administrasi hanya didapati 23.213 dukungan yang Memenuhi Syarat (MS). Namun saat verifikasi faktual, tidak ada satu pun yang bisa memenuhi, termasuk tidak adanya orang-orang yang disebutkan dalam identitas surat dukungan. 

“Akhirnya kami bawa kondisi itu ke pleno KPU dan memutuskan bahwa Bapaslon Agus-Samsul tidak memenuhi syarat,” ujarnya Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin.

Ia menuturkan, penetapan ini melalui proses panjang. Sejak Senin pagi pihaknya telah meneliti dan menyerahkan berkas dan hasil penelitian terhadap Bapaslon. Hasil itu lah yang menjadi dasar untuk penetapan Pasangan Calon.

"Kami tetap jalan karena sesuai dengan tahapan Pilkada serentak,” ucapnya. (DF).

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00