• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Polda Banten Waspadai Peredaran Narkoba Melalui Rokok Elektrik

21 April
17:56 2017
0 Votes (0)

KBRN, Serang: Kepolisian daerah (Polda) Banten melalui Ditresnarkoba, mewaspadai peredaran narkoba jenis baru yang beredar melalui rokok elektrik. Karena peredaran rokok elektrik yang mengandung narkoba sudah beredar di sejumlah daerah besar di tanah air. 

Kasubdit III Dirresnarkoba Polda Banten, AKBP Nahar mengungkapkan, maraknya peredaran narkoba cair melalui rokok elektrik di Jakarta dan Bandung menjadi kewaspadaan tersendiri. Karena tren rokok elektrik saat ini sudah menjadi gaya hidup baru bagi warga, tidak terkecuali di Banten. Apalagi bahan baku rokok elektrik banyak dijual di Kota-kota besar seperti Jakarta. 
"Banten kan berbatasan dengan DKI, sementara informasinya peredaran narkoba cair melalui rokok elektrik ini sudah beredar di sana. Jadi kami juga mewaspadai kemungkinan peredarannya di Banten. Karena kesempatan untuk mencampur narkoba cair melalui rokok elektrik sangat terbuka," kata Nahar saat dihubungi rri.co.id, Jumat, 21/4/2017. 

Meski diakui Nahar, sampai saat ini pihaknya belum menemukan kasus peredaran narkoba cair pada rokok elektrik. Karena belum ada laporan dari masyarakat terkait indikasi peredaran narkoba jenis tersebut. 
"Kami belum menemukan kasusnya di Banten, tapi kewaspadaan terus kami lakukan," katanya. 

Nahar mengakui, sejumlah wilayah seperti Tangerang, Serang dan Cilegon menjadi daerah yang berpotensi dimasuki narkoba jenis ini. Karenanya pihaknya dengan bekerjasama dengan berbagai pihak akan mencoba melakukan identifikasi terkait kemungkinan peredaran narkoba dengan modus baru tersebut. 
"Sedangkan terkait penyalahgunaan narkoba yang akhir-akhir ini sudah menyasar generasi muda, menghimbau kepada seluruh orang tua untuk memperhatikan gaya hidup dari anak-anaknya. Karena generasi muda sangat rentan dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba jenis apapun," jelas Nahar.

Apalagi, tambah Nahar dalam beberapa temuan Ditresnarkoba Polda Banten misalnya, kasus penyalahgunaan narkoba banyak ditemukan pengedar dan penggunanya dilakukan oleh generasi remaja yang rentan terhadap pergaulan bebas dan mengarah negatif. 
"Jadi para orang tua juga harus waspada dan jaga betul anak-anaknha dalam pergaulan," tukasnya. (Nasrudin)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00