• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KABUPATEN KOTA

Warga 12 Kecamatan di Kotabaru Tuntut Percepat Pemekaran Kabupaten

24 February
15:21 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kotabaru : Ratusan warga dari 12 kecamatan di Kabupaten Kotabaru menuntut percepatan persetujuan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Tanah Kambatang Lima, Senin (24/02/2020). 

Tuntutan disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Kotabaru dan pihak eksekutif.  

Ketua Presidium Penuntut DOB Tanah Kambatang Lima Hasbullah mengatakan ada tiga alasan utama sehingga pemekaran 12 kecamatan di daratan Pulau Kalimantan itu menjadi kabupaten baru perlu dipercepat.  

Yakni luas wilayah, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan mendekatkan pelayanan publik. 

"Selama ini ada moratorium pemekaran wilayah, tapi ternyata beberapa daerah bisa memekarkan diri, terakhir ini ada 59 kabupaten dan kota," ujar Dosen UIN Antasari Banjarmasin itu.

Menanggapi ini, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan pemekaran kabupaten sah-sah saja dilakukan sepanjang sesuai tata aturan yang berlaku. 

Seluruh fraksi di DPRD Kotabaru pun menyetujui wacana pemekaran itu dan mendorong pemerintah daerah segera membentuk tim untuk melakukan kajian.  

"Kami bukan hanya mendukung tapi siap memfasilitasi dengan harapan mempercepat pembangunan di segala bidang," tegasnya. 

Di sisi lain, Asisten I Sekretariat Daerah Kotabaru Hasbi M Tawab mengatakan bahwa yang penting bagi pemerintah daerah wacana pemekaran ini memungkinkan sesuai aturan.  

"Karena ini tahun politik, kita konsentrasi dulu pada pilkada. Tapi kalau dari dewan sambil jalan silakan saja, salah satunya harus menyiapkan anggaran," katanya. (fit)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00