• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM & KRIMINAL

Komplotan Curanmor Bau Kencur 'Imak Pantau' Berakhir Dalam Operasi Jaran Intan 2020

20 February
10:52 2020

KBRN, Banjarmasin : Kejahatan kompoltan curanmor anak dibawah umur bernama 'Imak Pantau' yang menjalankan aksinya di wilayah kota Banjarbaru akhirnya terhenti dalam operasi Jaran Intan 2020 Polda Kalimantan Selatan.

Dalam acara konfrensi pers yang digelar di Mapolda kalsel, Kamis (20/2/2020) pagi. Sebanyak 11 orang komplotan 'Imak Pantau' dari 147 tersangka turut dihadirkan beserta total barang bukti 212 unit hasil curanmor diantaranya 191 roda 2 serta 21 roda 4.

Salah satu tersangka komplotan Imak Pantau berinisial FH (15) mengaku nekat mencuri hanya untuk digunakan aksi balapan liar.

"Tidak dijual pak motor curian itu rencanya untuk sehari hari dan balapan liar," ujarnya.

Dalam menjalankan aksinya komplotan ini dengan modus mencari motor yang terparkir ditinggalkan pemiliknya tanpa kunci pengaman didepan rumah lalu membawanya kabur.

"Setelah dibawa kabur kami bobol kunci motor pakai gunting untuk menghidupkan kendaraan, sudah enam motor pak yang kami curi," bebernya.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan Operasi Jaran Intan 2020 ini dititik beratkan pada peningkatan pencurian dan penggelapan yang berkaitan kendaraan bermotor.

"Operasi ini kita laksanakan 12 hari dari 7 sampai 18 Februari, dari 147 orang tersengka dengan rincian tersangka TO 65 orang dan non TO 82," jelas Irjen Pol Yazid Fanani.

Dibanding tahun lalu, kata Jendral bintang dua itu, secara keseluruhan hasil kegiatan Polda dan seluruh jajaran ini, dalam penangkapan pencurian roda 4 mengalami kenaikan 1,75 persen di wilayah hukum Polda Kalsel.

"Kita harapkan melalui operasi ini bisa menekan dan meniadakan pelaku sindikat curanmor, kita harapkan mereka akan mendapatkan putusan hukum yang sesuai sehingga kedepan curanmor dikalsel bisa kita kurangi," ucapnya.

Mengingat tingginya kasus curanmor ini, Irjen Pol Yazid Fanani menghimbau kepada seluruh masyarakat Banua dan jajaran agar terus berhati hati meninggalkan kendaraan bermotor dimanapun dengan memastikan kunci pengaman untuk mencegah tidak kejahatan.

00:00:00 / 00:00:00