• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Visit Kasel 2020 : "Dispar Kalsel Jadikan Momentum Haul Guru Sekumpul Sebagai Wisata Relegi"

14 February
21:19 2020
1 Votes (5)

RRI Banjarmasin : Kegiatan Haul Guru Sekumpul merupakan salah satu wisata religi yang ada di Kalimantan Selatan.

Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kalsel Drs. Faisal Rizani, MS.i, menyatakan, sekarang ini mereka fokus untuk menghadapi acara haul tersebut. "Karena Paman (Gubernur Sahbirin Noor, red) pun turun tangan langsung di sana dengan menyiapkan beberapa titik dapur- dapur umum yang dikelola oleh pemerintah daerah provinsi yang disamping karena wilayah itu juga ada di kabupaten banjar, jadi kabupaten banjar pun juga sebagai tuan rumah, pasti mempersiapkan juga," Faisal menambahkan.

Menyangkut para tamu dan puncak acara?
"Untuk para tamu Guru Sekumpul itu, kita sebenarnya tidak bisa memprediksi, karena mereka ada yang datang duluan, ada yang nanti pulangnya juga belakangan. Cuman acara puncaknya di tanggal 1maret.  Jadi kemungkinan 29 dan 28 februari itu sudah padat, karena bulan ini februari kita hanya sampai 29," jawab Faisal.

Apa bentuk partisipasi Dispar?
"Yang jelas kita akan mempromosikan itu dan kita menghitung jumlah kunjungan wisata yang ada di situ. Kunjungan wisata yang bersifat religi itu adalah cara kita mendatangkan orang ke wilayah Kalimantan Selatan. Karena ini juga bentuknya kita kemas dalam bentuk wisata religi, jadi mungkin kita menyiapkan ada beberapa posko untuk dapur dapur umum juga di dinas pariwisata. Kita juga akan coba untuk menyiapkan salah satu festival atau apalah mungkin kemungkinan di depan museum itu yang akan diisi oleh PHRI dan lain-lainnya. Jadi kita di situ istilahnya kayak ada bazar atau apa untuk meramaikanlah buat pengunjung itu, biar mereka tidak terlalu suntuk untuk menunggu acara atau apa," Faisal menjelaskan.

Posko diletakkan di mana?
"Posko itu di mana aja nanti pak, belum kita tentukan untuk titik titik-titiknya, tapi kemungkinan kita taruh di kantong kantong parkir. Jadi biar gampang dijangkau oleh masyarakat."(juns)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00