• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Jembatan Sulawesi Dua, Bantu Atasi Kemacetan Arus Lalu Lintas

13 February
21:52 2020
1 Votes (5)

KBRN Banjarmasin : Ganti rugi untuk pembangunan Jembatan Sulawesi, sudah beres. Tinggal menunggu kegiatan pembangunanya, yang dimulai dengan kegiatan pembongkaran bangunan yang sudah diganti rugi tersebut.

Kami konfirmasi ke Ketua Rt. 2 Kelurahan Antasan Kecil Timur, Syahrudin.              Katanya : "Menurut berita, segera dibangun. Ulun ini kada tapi tahu (kapan dimulainya pembangunan,red) sudah selesai pang ganti rugi rumah-rumah tu sudah. Tinggal menunggu perintah membongkar saja lagi. Bervariasi rumahnya. Ada nang 600 jutanya sebuah rumah. Ada nang 1 milyar 400 ribu. kira-kira 450 ribu semeternya. kira-kira itu. sekitar itu."

Banyak harapan, termasuk berkurangnya kemacetan arus lalu lintas, jika Jembatan Sulawesi yang menghubungkan Jalan Sulawesi dengan Jalan Masjid Jamik, yang menghubungkan beberapa RT di dua Kelurahan, yakni Antasan Kecil Timur dan Pasar Lama tersebut selesai dibangunan nantinya.

"Kalau nangkaya itu supaya lancar. Supaya jangan macet lagi jalanan. Macet pang di sini. menunggu pembangunan pabila-pabila balum tahu. Pembongkarannya batasnya dimulai pabila, juga tidak tahu," ungkap Syahrudin lagi.

Sedangkan Kepala Bidang Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Rustam, menyatakan : "Untuk tahap awal, kita lelangkan di bulan februari untuk lelang konsultan pengawas, sebelum melaksanakan fisik jembatan, kita laksanakan dulu pengawasan. sesudah itu dilanjutkan untuk lelang fisiknya."

Waktunya bagaimana pak? 
                                                               "Kalau pelelangan umumnya minimal satu bulan. Apalagi ini konsultan pengawas yang agak lama untuk waktu Pokjanya, sebelum penetapan pemenangnya sekitar sebulan. nanti bisa habis itu fisik bisa saja sambil jalan. Di bulan februari ini rencana kita. Dilanjutkan dengan lelang fisiknya. 
Melalui lelang LPSE bisa orang luar Banjarmasin ikut serta. Kami tidak bisa membatasi."

Kalau jembatan pertama yang lalu. Apakah lelang dengan LPSE juga?                      
"Kalau jembatan sulawesi yang sudah jadi, yang pertama, kebetulan kemaren belum LPSE. Walaupun itu dilelangkan secara umum, cuma kemungkinan tidak diketahui oleh orang luar. Jadi pemenangnya orang dalam (Banjarmasin juga,red). Untuk sekarang ini melalui LPSE, mungkin ya orang luar bisa mendapatkannya," pungkasnya.(juns)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00