• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Cegah Korupsi Ditresnarkoba Polda Kalsel Canangkan Zona menuju WBK dan WBBM

13 February
15:11 2020
1 Votes (5)

KBRN, Banjarmasin : Ditresnarkoba Polda Kalsel mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kamis (13/2/2020).

Bertempat di Aula Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel juga dilakukan penandatangan dan ikrar bersama yang disaksikan langsung perwakilan PN Banjarmasin, BNNP, Kejati, Kanwil Kemenkumham Kalsel, Bea Cukai, Balai POM Banjarmasin serta LBH Unlam.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Wisnu Widarto mengatakan Pencanangan ini sejalan dengan program pemerintah, terkait dengan reformasi birokrasi.

"Sejak awal kita terus melakukan perbaikan-perbaikan guna meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kalsel," katanya

Menurut Kombes Wisnu perbaikan tersebut sudah dikehendaki Polri jauh sebelum era reformasi namun masih saja korupsi dan penyalahgunaan wewenang kita rasakan dan terjadi di mana- mana.

"Korupsi dulu  hanya di daerah tertentu, tetapi sekarang, sudah menyebar ke berbagai wilayah, termasuk di institusi Polri," ucapnya.

Maka dari sebab itu, kata Kombes Wisnu harus merespon reformasi ini karena berbahaya, dalam mencegah diakuinya ada beberapa yang harus lakukan.

"Pertama harus punya komitmen dari diri sendiri untuk merubah menjadi lebih baik,” jelasnya.

Sementara adanya niat untuk membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM harus mau bekerja dengan hati yang iklas baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maupun dalam kegiatan atau tugas-tugas kepolisian lainnya.

“Pelayanan harus benar-benar kita tingkatkan, terutama birokarsi yang harus berubah,” ujarnya.

Sebelum pencanangan WBK dan WBBM ini tambah Kombes Wisnu, Ditesnarkoba Polda Kalsel sudah berubah dibuktikan dari 33 Polda se Indonesia, ada 10 polda, Ditresnarkoba masuk dalam hal ini, yang mendapat anggaran Rp 3,3 miliar untuk dibagi dalam tiga subdit.

“Dalam penanganan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), kita selamatkan uang negara sebesar Rp 3,5 miliar. Sehingga dari anggaran di Ditresnarkoba Polda Kalsel, terlampaui. Ini kita kerjakan selama satu tahun,” bebernya.

Dengan pencanangan WBK dan WBBM Kombes Wisnu berharap, aparat tidak melakukan perbuatan yang dapat mencoreng citra Polri.

"Semua tujuan ini harus didukung semua pihak, baik internal maupun eksternal Polri," pungkasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00