• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Najwa Shihab Ungkap Pentingnya Literasi Digital Bagi Milenial

5 December
23:12 2019
1 Votes (5)

RRI Banjarmasin : Kemampuan memahami literasi digital dinilai masih banyak yang keliru terlebih masyarakat memandangnya sebatas menghasilkan karya tulis dan kegiatan membaca saja.

Padahal literasi tidak hanya sebatas itu saja, tetapi bagaimana kemampuan untuk menyerap informasi dan cara mengolahnya menjadi hal yang berguna bagi peradaban manusia.

Hal tersebut disampaikan Duta baca Indonesia Nazwa Shihab di acara Talk Show di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Kamis (5/12/2019).

Menurut Nana Sapaan Akrabnya, informasi tidak boleh dibatasi untuk semua orang pasalnya akan berkembang secara terus menerus.

“Jangan pernah membatasi informasi, kerena semua orang pasti akan berkembang secara terus menerus, apa yang kita dapat hari ini, besoknya pasti akan ada informasi baru lagi,” katanya.

Khusus kaum Milenial, jelas Nazwa, harusnya lebih giat dan banyak membaca buku, serta mengeksplor dan memgembangakan potensi diri.

 “Dengn banyak membaca buku, maka informasi yang kita dapatkan akan lebih banyak dan akan menambah kepercayaan diri untuk menjadi seorang penulis yang baik,” jelasnya.

Dengan canggihnya teknologi digital, tambah Nana, mendapatkan informasi yang luas dan  bahan bacaan sangat lah mudah, yang bisa dijadikan referensi memperluas wawasan seseorang.

"Membaca buku secara langsung adalah cara terbaik yang akan memberi kesan tersendiri dibandingkan yang lain," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan berharap kemajuan teknologi saat ini bisa menjadi akses masyarakat Kalsel untuk sebaik baiknya menggunakan informasi.

“Tinggal bagaimana masyarakat cerdas memilah dan memilih informasi yang bisa kita gunakan, jadi kemampuan literasi manusia betul-betul harus cerdas dan tepat menggunakannya,” pungkas nya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00