• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

GAYA HIDUP

Keseruan Nonton Film Layar Tancap Oleh Forum Sineas Banua

8 November
08:33 2019
1 Votes (5)

RRI Banjarmasin : Seiring semakin kuatnya monopoli jaringan bioskop arus utama dan keindahan akses film melalui gawai, budaya layar tancap / layar tajak,  kini semakin  jarang dilakukan.

HhKegiatan yang mempertemukan masyarakat dengan secara langsung dan terjangkau ini, semakin terkikis hingga memudarkan rasa kebersamaan , kesetaraan, serta menjauhkan film dari masyarakat kelas tertentu.

Forum Sineas Banua mengadakan acara aruh film Kalimantan, rabu (6/11) di Jalan Dahlia No. 12 Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimanatan selatan, diadakan acara aruh film Kalimantan  dan ada sesi acara layar tajak, non program kompetensi mereka.

Didalam acara tersebut, memiliki program, yaitu program layar tajak atau non kompetesi. Adapun tujuh film lokal yang diputar di kampung maupun di sejumlah daerah, Karya – Karya film ini antara lain: Penganten Bini Karya (Bias Film), TV Hanyar (Gelang Merah), Cerita Hantu (Kenye Production) dan film lokal lainnya. Selain itu, film lokal yang jarang dikenal oleh warga. Dari program layar tajak ini, diharapkan film – film lokal mampu dikenal kalangan masyarakat maupun kalangan muda.

"Melihat dari antusias warga RT 18 lumayanlah. karena warga sekitar ini dan saat ini memang perlu hiburan sebenarnya. tapi kurangnya hiburan saat ini sudah diganggu dengan sosial media dan berita-berita yang ada di hp," kata Muhammad Farhan, dari Panitia Aruh Film Kalimantan 2019.

"Acara hari ini bagus. Lancar. Pokoknya filmnya semuanya bagus-bagus," komentar penonton wanita.

"Supaya generasi muda tahu budaya dan film itu dasar menghibur dari tingkat anak-anak sampai orang dewasa. Bagus," komentar seorang penonton pria. (Juns)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00