• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KABUPATEN KOTA

Menjelang Pemungutan Suara, KPU Banjarbaru Coret 3 Caleg Bermasalah

16 April
07:56 2019
1 Votes (4)

KBRN Banjarmasin : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru secara resmi telah mencoret tiga calon legislatif (caleg) di Kota Banjarbaru dari Daftar Calon Tetap (DCT) menjelang pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April.

Menurut Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat, pencoretan tiga caleg setelah masing-masing caleg terbukti melanggar tindak pidana pemilu yang berujung tidak memenuhi syarat (TMS).

Ketiga caleg adalah Rizali Hadi, caleg Partai Golkar dari Dapil Banjarbaru 4, Muhammad Andry Maulana Amir caleg PKS Dapil Banjarbaru 1 dan Dwi Lestari caleg PKS Dapil Banjarbaru 4.

Rizali Hadi dinyatakan lantaran perilaku curangnya membagi-bagi kalender di wilayah pendidikan SDN 2 Guntung Manggis pada Oktober 2018 lalu dan praktik kampanye terselubung ini sudah ditangani cepat oleh Bawaslu Banjarbaru.

Sementara dua caleg lainnya karena keduanya sudah mengantongi status sebagai ASN, dan hasilnya mau tak mau dua caleg tersebut tak bisa maju lagi.

Bagaimana dengan nama mereka yang sudah terlanjur masuk surat suara, Hegar mengatakan masalah ini sudah bisa teratasi dengan cara memberi tahu masing-masing KPPS agar mengumukan bahwa tiga caleg tersebut sudah TMS.

"Sudah kita kirim surat dinas terkait ketiga caleg TPS masing-masing yakni di dapil 1 dan 4, " kata Hegar di Banjarbaru, Selasa (16/4/2019).





tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00