• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR JABAR

PPWK Cimahi Adakan Upacara Bendera dan Dialog Kebangsaan di SMAN 1 Cimahi

16 April
01:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, generasi muda merupakan calon pemimpin untuk masa depan.Oleh karena itu, negara wajib memberikan motivasi dan dorongan khususnya kepada generasi muda.

“Generasi muda harus dapat bersikap mandiri serta memiliki wawasan yang luas, baik dalam berfikir, cara pandang serta mampu memghadapi masalah sekecil apapun,” ungkap Walikota Ajay Muhammad Priatna saat memimpin upacara bendera Senin pagi yang dilaksanakan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan PPWK, di SMA Negeri 1 Cimahi Jalan Pecinan Kota Cimahi, Senin (15/4/2019).

Menurut Ajay, generasi muda perlu mewujudkan cita-cita negara ini dengan menjaga  rasa persatuan dan kesatuan masyarakat yang wawasan kebangsaan, baik dalam bidang bahasa, adat istiadat, sosial-budaya, dan sebagainya.

“Indonesia memiliki beragam suku bangsa, bahasa dan agama yang berbeda-beda. Khususnya di Cimahi yang merupakan miniatur Indonesia,” ujarnya.

Kondisi itu kata Ajay, harus disikapi dengan rasa toleransi dan hidup saling menghormati antara satu dengan lainnya, sehingga tidak ada yang memaksakan kehendak terhadap pribadi maupun kelompok.

“Bagi para siswa sebagai generasi muda, hal itu menjadi sebuah tantangan melalui pelaksanaan berbagai kegiatan, efektif dan efisien, sehingga memberikan kontribusi positif didalam proses pembangunan di Kota Cimahi,”tuturnya.

Dalam kaitan itu Walikota menekankan kepada para pelajar untuk terus mempelajari dan memahami 4 pilar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), guna menghadapi konflik horizontal dan vertikal yang mungkin terjadi dalam kehidupan sosial ditengah masyarakat.

“Hindari masalah kenakalan remaja , yang bisa merusak masa depan adik-adik sekalian, seperti narkoba, seks bebas, serta berandalan atau geng motor,maupun tindakan kriminal lainnya,”tandas Ajay.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan dialog wawasan kebangsaan, yang melibatkan sejumlah guru dan siswa SMA Negeri 1 Cimahi ,dengan narasumber Ketua PPWK Kota Cimahi Totong Solehudin dan Kepala Badan Pusat Statistik(BPS) Kota Cimahi Erwan Syahreza

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00