• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR JABAR

Sambut Murid Baru Yayasan Asih Putera Cimahi Adakan Helaran Budaya Sunda.

5 August
00:01 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Yayasan Asih Putera Cimahi menyelenggarakan Helaran Budaya Sunda, pada akad serah terima amanah murid baru Madrasah Asih Putera Cimahi tahun pelajaran 2018/2019, di Kabuyutan Cimahi Jl.Kolonel Masturi Kota Cimahi, oSabtu(4/8/2018).

Helaran Budaya Sunda tersebut menampilkan berbagai kegiatan kesenian seperti tarian dan nyanyian yang dibawakan oleh para siswa madrasah, bahkan pada kesempatan yang sama terjadi pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI).

Ketua Yayasan Asih Putera Cimahi Ir.H.Ajang Kosasih Ahmad kepada RRI petang tadi mengatakan, Helaran Seni Sunda tersebut dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur dengan dimulainya tahun ajaran baru 2018/2019, yang diawali dengan akad serah terima amanah murid baru dari orang tua murid kepada para guru dan pengurus Yayasan Asih Putera.

"Akad itu dilakukan sebagai simbol kepercayaan dan amanah dari orang tua murid kepada Yayasan Asih Putera, sehingga dengan kepercayaan itu Inshaallah kamipun membalasnya dengan tanggung jawab yang besar sekali, sesuai dengan moto kami Mendidik Dengan Sepenuh Hati,"ujarnya.

Menurut Ajang, dalam tahun ajaran baru ini pihaknya menerima 455 murid baru mulai dari Daycare, TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah sampai Madrasah Aliyah Multiteknik.

"Murid baru yang diterima itu ada yang usianya masih bayi, karena Daycare menerima bayi sejak umur 6 bulan untuk diasuh para guru, kemudian nantinya dilanjut ke TK, MI, MTs dan MA,"ungkapnya.

Dari 455 murid baru itu, 12 orang diantaranya masuk Pesantren Asih Putera yang berasal dari luar kota dan mereka mondok di Pesantren.

"Mereka kami bebaskan dari biaya pendidikannya, karena mereka memang sudah diseleksi dan berasal dari sejumlah Kabupaten di Jawa barat, sehingga saat ini jumlah siswa yang ada di Pesantren Asih Putera sebanyak 42 orang,"bebernya.

Atangpun berharap, semua siswa dapat berprestasi, karena selama 33 tahun berdiri Yayasan Asih Putera, para siswanya cukup berprestasi dan sudah banyak yang bekerja dan menyandang gelar sarjana teknik dari berbagai perguruan tinggi ternama seperti ITB, UNAIR dan UGM.

"Alhamdulillah, sebagian diantara mereka ada yang berasal dari keluarga tidak mampu sehingga disubsidi silang dari para keluarga siswa yang status sosialnya cukup mampu,"tuturnya.

Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna yang turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi kepada Yayasan Asih Putera Cimahi, dengan adanya acara Helaran Budaya Sunda karena memiliki semangat untuk melestarikan budaya Sunda.

"Sekolah ini merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di kota Cimahi. Semoga harapan para orang tua siswa agar anak mereka bisa dididik dengan baik, dapat diwujudkan,"ujarnya.

Ia juga berharap, agar para guru dan yayasan terus berupaya untuk meningkatkan kualitasnya, karena banyak siswa yang ingin menimba pendidikannya disekolah itu.

Sementara itu Presiden Original Rekor Indonesia (ORI) Agung Elvianto mengatakan, pencatatan Rekor ORI itu dilakukan karena apa yang dilakukan oleh Yayasan Asih Putera, yang merupakan hasil kolaborasi yang sangat menarik antara kuliner dengan seni budaya yang merupakan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

"Mereka mampu mendatangkan Chief Nasional dengan rekor yang dibuat memasak selama 10 Menit 33 detik, pembuatan secara bersama-sama dan dalam waktu yang singkat bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan seni tari, seni lukis, barongsai, Sisingaan, dan marching band.Sangat luar biasa,"ujarnya sambil memuji. (Amelia Hastuti)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00