• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

WARTA JAWA BARAT

Ikatan Pengurus Masjid dan Mushola Indonesia Purwakarta Siap Bangun Masjid Jamie di Seluruh Kecamatan di Purwakarta

3 October
21:21 2017
0 Votes (0)

KBRN,Purwakarta : Ikatan Pengurus Masjid dan Mushola Indonesia (IPMMI) Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Menargetkan pembangunan masjid jamie di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. 

Hingga saat ini Ikatan Pengurus Masjid dan Mushola Indonesia  Kabupaten Purwakarta telah menyelesaikan pembangunan 3 masjid, salah satu masjid  yang baru saja diresmikan adalah Masjid jamie Al Ikhlas yang berlokasi di Kampung Cibodas Desa Panyindangan Kecamatan Wanayasa.

Dewan Penasehat IPMMI H Rustandie mengaku, pihak panitia meminta dirinya melakukan gunting pita, sebagai tanda bahwa masjid jamie Al Ikhlas diresmikan.Namun permintaan itu ditolaknya dan meminta agar yang melakukan gunting pita adalah anak yatim warga setempat.

"Sengaja saya meminta agar anak yatim yang melakukan gunting pita, saya sudah terlalu sering gunting pita,"ujar Rustandie,Selasa (3/10/2017) di Purwakarta.

Rustandie, yang juga sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Purwakarta ini mengatakan,  masjid jamie yang telah di bangun ini berada di daerah Pamoyanan dan Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa, serta Cilengkeng Munjul Kecamatan Purwakarta. Sedangkan masjid jamie lainnya yang ditargetkan akan di garap, berada di daerah Cibentar Kecamatan Darangdan, Babakan Cikao, dan daerah Bongas Kecamatan Pasawahan. 
"Kita targetkan semua Kecamatan di Purwakarta dibangun masjid jamie.Satu masjis menelan dana sekitar 300 Juta Rupiah. Dana pembangunan masjid jamie sendiri di peroleh dari para donatur yang menyalurkannya melalui IPMMI,"ungkapnya.
Untuk mewujudkan pembangunan masjid jamie  ada beberapa kendala yang dihadapi diantaranya,tidak semuanya mampu menyiapkan bahan material pembanguna
" Kendala yang di hadapi saat ini, pihak pengurus masjid tidak semuanya mampu menyiapkan bahan material pembangunan masjid yang hanya mencapai 30 persen saja, karena pihak IPMMI Kabupaten Purwakarta hanya menyiapkan dan menyalurkan bantuan bahan material sebanyak 70 persen dari total keseluruhan kebutuhan pembangunan masjid jamie" Jelas Rustandie.
 Rustandie berharap, Dengan pembangunan masjid jamie dari hasil penyaluran bantuan para donatur melalui IPMMI ini, masyarakat di lingkungan masjid bisa menjaga, memakmurkan masjid dan mengisi sejumlah kegiatan keagamaan, sehingga masjid jamie yang telah di bangun semakin di penuhi para jamaah yang melakukan kewajiban solat dan kegiatan keislaman lainnya.
"Tujuan utama ingin memakmurkan masjid, masjid semakin dipenuhi oleh jamaah yang melaksanakan solat dan kegiatan keagamaan," pungkasnya.
Dari jumlah total masjid di Purwakarta sekit dua ribu masjid, Seribu masjid diantaranya merupakan anggota IPMMI Kabupaten Purwakarta, kondisi ini bisa menjadi basis ekonomi pengurus dan masyarakat lingkungan masjid, dengan mendirikan koperasi masjid, bahkan dengan adanya pengelolaan koperasi masjid  bisa membantu pembangunan masjid jamie lainnya, dari hasil sumbangan sejumlah pengurus masjid jamie yang telah mapan menjalankan koperasi masjidnya, tanpa harus mencari dana pembangunan masjid di pinggir pinggir jalan.(ESA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00